1 PDP Jeneponto Positif Corona, Masyarakat Diminta Tetap Tenang dan Waspada

Juru Bicara (Jubir) Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Jeneponto, Mustaufiq (net)

BERITA.NEWS, Jeneponto – Juru Bicara (Jubir) Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Jeneponto, Mustaufiq merilis satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif terpapar virus corona (covid-19).

Pasien berusia 23 tahun warga Kecamatan Tamalatea, Jeneponto, Sulawesi Selatan ini diduga seorang karyawati di salah satu swalayan di bilangan Pelabuhan Kota Makassar dan menetap sementara di Kota Makassar.

Disampaikan bahwa pekan lalu pernah demam dengan keluhan sakit pada tenggerokan dan masuk RSUD Lanto Daeng Pasewang pada 14 April 2020 dengan gejala demam dan batuk.

“Sehingga dilakukan pemeriksaan Rapid Diagnostik Test (RDT) hasilnya positif, sehingga yang bersangkutan dirawat di ruang isolasi dengan status PDP,” kata Mustaufiq dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/4/2020).

Dia juga menyampaikan pada hari itu juga dilakukan pemeriksaan swab oleh Tim TGC dan dikirim ke Laboratorium Kesehatan di Makassar. Hal tersebut dilakukan cepat karena bersangkutan datang dari wilayah yang masuk pada zona merah cluster Makassar.

Baca Juga :  Naik Pangkat, Kapolres Pangkep: Tidak Semua Polisi Dapat Kenaikan Pangkat Pengabdian

“Hari Sabtu tanggal 18 April dini hari, pihak Labkes melaporkan hasil swab pasien positif dan berdasarkan advis tim dari Makassar yang bersangkutan harus segera dirujuk ke RS Labuang Baji Makassar sebagai RS rujukan Covid-19,” katanya.

Menurutnya, tim TGC sudah koordinasikan dengan pihak RS dan Sabtu dininhari langsung dirujuk dengan standar SOP Covid-19.

“Menyikapi hal tersebut langkah yang akan diambil oleh Gugus Tugas Insya Allah hàri ini Minggu 19 April tim TGC akan melakukan treching kepada semua keluarga dan lingkungan tempat tinggal yang bersangkutan dengan mengidentivikasi kontak erat dan kontak longgar untuk dilakukan pemeriksaan RDT pada kontak longgar dan swab (PCR) pada kontak erat mulai orang tua, saudara dan yang pernah kontak langsung, termasuk isolasi mandiri ke-14 perawat dan dokter yang menangani yang bersangkutan dengan interval waktu hingga 14 hari ke depan terhitung mulai hari ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Satres Narkoba Polres Pinrang Amankan Warga Lanrisang Bawa Sabu

Intervensi lapangan oleh tim TGC akan menggunakan SOP penanganan Covid-19.

Terkait hal ini, Pemerintah menghimbau kepada masyarakat Jeneponto agar tetap tenang, namun harus waspada dengan terdapatnya satu kasus yang cluster asalnya dari Makassar ini.

“Maka perketat pemantauan bersama atas keluarga, tetangga, di sekitar kita dan cepat melaporkan ke Tim Gugus atau pemerintah setempat untuk kita lakukan pemantauan dan pemeriksaan,” kata dia.

Selain itu dia juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar menjalankan imbauan pemerintah untuk tidak berkumpul, batasi jarak atau social distancing, dan tetap menggunakan masker serta cuci tangan setiap datang dari bepergian.

. Muh Ilham