Jumlah Pendatang Semakin Meningkat, Tim Gugus Tugas Covid-19 Luwu Gencarkan Pencegahan

Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di wilayah Kabupaten Luwu.

BERITA.NEWS, Luwu – Hingga saat ini Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, tidak ada ditemukan pasien terjangkit Covid-19 atau virus corona. Meski begitu, Pemkab melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus melakukan sosialisasi dan upaya pencegahan melalui berbagai kegiatan.

Kegiatan itu di antaranya sosialisasi surat edaran bupati, penyemprotan cairan disinfektan, pendataan para pendatang di batas kabupaten dan penyediaan sarana cuci tangan di beberapa fasilitas umum.

Menurut Ketua Tim Gugus Tugas, Yermia Maya, yang ditemui di Posko Induk yang terletak di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Jumat, (27/3/2020), bahwa dalam lima hari terakhir, jumlah self monitoring atau pengamatan yang dilakukan kepada orang yang tidak terdapat gejala, tetapi telah berkunjung dari negara/wilayah yang terjangkit virus corona, jumlahnya semakin meningkat.

“Dalam lima hari terakhir, jumlah self monitoring terus mengalami peningkatan. Hingga hari ini, terdapat 594 orang terdata masuk ke Kabupaten Luwu. Selain itu, ODP 34 orang dan PDP 1 orang,” ungkap Yermia Maya.

Baca Juga :  Pencanangan Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil di Kendal: Jangan Takut Divaksin!

Sebagai upaya pencegahan, Tim Gugus tugas terus melakukan pemantauan terhadap para pendatang tersebut melalui surveilan dari Dinas Kesehatan dibantu oleh pemerintah kecamatan dan desa melakukan edukasi kepada masyarakat sesuai surat edaran Bupati Luwu.

“Tim Gugus Tugas terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Sejak Senin (23/3/2020) lalu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran bersama Kasatpol PP dan Kadis Kominfo, setiap harinya melakukan sosialisasi keliling dalam wilayah Kabupaten Luwu sesuai surat edaran Bupati dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di halaman rumah warga dan beberapa titik fasilitas umum,” jelas Yermia Maya.

Demikian pula halnya dilakukan oleh Tim Gugus Tugas dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) yang didukung penuh oleh aparat TNI dari Kodim 1403/SWG, Polres Luwu, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas Perhubungan, melakukan pendataan kepada pengendara yang melintas di perbatasan Kabupaten Luwu – Kabupaten Wajo, perbatasan Kabupaten Luwu – Kabupaten Luwu Utara dan perbatasan Kabupaten Luwu – Kota Palopo.

Baca Juga :  Hadiri Rakorwasda Sulsel, Bupati Luwu: Pacu Transformasi Budaya Kerja

“Semua upaya akan kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Luwu, termasuk dengan membuat sarana tempat cuci tangan di tempat umum, seperti di Pasar Sentral Belopa, Pasar Batusitanduk, Pasar Karetan, Pasar Lamasi, Pasar Bajo, Pasar Larompong, Pasar Suli, Pasar Padang Sappa, Pasar Kamanre dan Pasar Bupon,” lanjut Yermia Maya.

. Muh Asri