Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Imbau Lansia Betul-betul Jaga Diri

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah) didampingi pejabat terkait memberikan keterangan kepada media berita terkini mengenai kasus COVID-19 di Kantor Pusat BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3/2020) ANTARA/Muhammad Adimaja

BERITA.NEWS, Jakarta – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengimbau agar masyarakat lanjut usia (lansia) betul-betul menjaga diri dengan social distancing agar tidak terserang virus corona (COVID-19).

“Terkait perlindungan masyarakat lansia, kepada seluruh masyarakat yang secara status usianya memasuki usia lansia mohon berkenan betul-betul menjaga diri, jangan dekat dengan siapapun termasuk anggota keluarga di rumah, karena belum tentu anggota keluarga di rumah aman,” ujar Doni dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga :  Anggota DPR: Klaim Kalung Anticorona harus Berbasis Riset

Dia mengatakan disamping lansia, upaya menjaga diri juga harus dilakukan oleh mereka yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, hipertensi, jantung dan penyakit lain, khususnya asma.

“Harus harus betul-betul dijaga, diperhatikan jangan mendekat kepada siapapun juga karena kita tidak bisa tahu siapa yang sudah terpapar atau belum,” jelas dia.

Dia menekankan pasien yang dirawat di RS sudah pasti adalah orang yang positif COVID-19, namun yang justru berbahaya, kata dia, adalah mereka yang secara fisik tidak terlihat sakit tapi sebagai carrier atau pembawa COVID-19.

Baca Juga :  5 Hal yang Dilarang Dilakukan Pesepeda di Jalan Berdasar Aturan Kemenhub

“Yang berbahaya ketika tidak bisa identifikasi orang-orang di sekitar kita,” kata Doni.

Doni juga mengimbau masyarakat yang masih menggunakan moda transporatasi umum, apabila menyentuh sesuatu agar tidak menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan.

. Antara

loading...