BERITA.NEWS, Jakarta – Anggota DPR RI asal Sulsel, Dhevy Bijak mendesak pemerintah agar melakukan evaluasi regulasi para awak kapal.

Hal itu diutarakan politisi Demokrat ini dalam rapat gabungan DPR RI Komisi IX dengan Kementerian Tenaga Kerja, Perhubungan, dan Kelautan Perikanan, Rabu (12/2/2020)

Dalam rapat yang membahas perlindungan dan jaminan sosial awak kapal luar negri, Dhevy Bijak mendesak ketiga kementerian untuk mengavaluasi regulasi yang dinilai terlalu memberatkan para awak kapal.

Tak hanya itu, putra Wakil Bupati Syukur Bijak ini menyoroti maraknya praktek percaloan yang dilakukan oleh beberapa oknum yang mengatasnamakan agen perusahaan tertentu.

“Saya minta kementerian terkait untuk mengavaluasi regulasi yang terlalu berbelit-belit khsususnya yang berkaitan dengan administrasi prasyarat sebagai awak kapal,” lugasnya.

Dhevi Bijak juga meminta penertiban perilaku perusahaan yang sampai hari ini masih banyak melakukan praktek percaloan serta sikap tegas kementerian tenaga kerja untuk lebih berpihak pada awak kapal dalam melindungi hak-hak mereka.

“Hal ini penting bagi kami di Sulawesi Selatan mengingat daerah ini merupakan salah satu daerah terbesar penyumbang awak kapal luar negeri,” jelasnya.

Muh Asri