Ikan Kering, Racca Taipa, Menu Andalan Wabup Gowa

Ikan Mairo goreng kering, menu andalan Wabup Gowa saat santap sahur.
Ikan Mairo goreng kering, menu andalan Wabup Gowa saat santap sahur.

BERITA.NEWS, Gowa – Saat bulan Ramadan tiba, Ikan kering (ikan asin) menjadi lauk favorit Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni atau yang akrab disebut Karaeng Kio.

Karaeng Kio menceritakan jika memang dirinya sangat menyukai ikan kering yang disantapnya diwaktu sahur bersama keluarga.

“Kesukaan saya saat sahur itu adalah ikan kering. Saya nikmati bersama keluarga di rumah,” ujar Karaeng Kio, Selasa (6/5/2019).

Apalagi katanya kalau masakan tersebut langsung dimasak oleh istri tercinta, Musaddiyah Rahim. “Iya, tambah nikmat itu kalau dibuat sama istri, tambah istimewa,” imbuhnya.

Ikan kering favoritnya sendiri yakni berjenis Ikan Teri, atau dalam bahasa makassar disebut Ikan Mairo. Ikan Mairo ini digoreng kering kemudian disandingkan dengan sambal tumis atau disebutnya cobek – cobek.

Tidak sampai disitu, Karaeng Kio mengaku, untuk lebih menambah nafsu makannya, ikan Mairo kering tersebut dipadukan dengan irisan mangga muda. Kalau orang Gowa-Makassar menyebutnya Racca-racca Taipa.

Diakuinya, meskipun sudah menjabat sebagai Wakil Bupati di Daerah yang dijuluki Butta Bersejarah ini, selera Karaeng Kio tetaplah sederhana.

“Leher saya ini memang sederhana, menu makanan kami sekeluarha juga dari dulu selalu sederhana, tidak mewah,” tuturnya.

Lain halnya dengan menu berbuka puasa, Karaeng Kio memilih buah-buahan dan kudapan lain yang tentunya bercita rasa manis.

. ACP