Sulsel Masuk Usulan Ibu Kota, Wagub Sulsel Sebut Ide Brilian Seorang Kepala Negara

BERITA.NEWS, Makassar – Wakil Gubernur (Wagub) Andi Sudirman Sulaiman ikut mendukung wacana presiden Jokowi akan memindahkan ibu kota negara Indonesia, menggantikan Jakarta.

Terlebih lagi nama Sulawesi Selatan (Sulsel) juga ikut disebut dalam salah satu daerah yang direncanakan menajadi ibu kota negara. Apalagi, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla secara terang- terangan ingin Makassar jadi kandidat terkuat.

Andi Sudirman mengatakan rencana itu merupakan ide brilian dari seorang kepala negara. Meski begitu, dirinya percaya akan ada sebuah kajian dan analisis mendalam jika rencana tersebut, betul-betul direalisasikan.

“Ide brilian presiden itu kalau di luar jawa, pertama kita melihat secara geografis juga sentral-nya di tengah. Pasti ada analisis, diadakan nanti kajian,” ucapnya saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel. Selasa (30/4/2019).

Menurutnya, menentukan sebuah Ibu Kota Negara tentu harus mempertimbangkan letaknya yang sangat strategis. Termasuk Sulsel sebagai gerbang utama Indonesia bagian timur.

“Sangat bagus itu idenya, wacana presiden mindahkan ibukota Indonesia. Persoalan letak strategis nya, dibutuhkan harus diperhatikan,” sebutnya.

Diketahui, alasan Wapres Jusuf Kalla pemindahan ibukota ke luar Jawa  mengikuti model kota-kota di Amerika Serikat. Seperti, pemerintahan Paman Sam itu memindahkan ibu kota pemerintahannya dari New York ke Washington DC.

ANK

loading...