Jatah Makan Napi Rp20 Ribu Sehari, Menkumham Minta Tambah Anggaran

kemenkumham

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas. (Dok. Ist)

BERITA.NEWS, JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas mengungkap jatah makan untuk warga binaan di penjara hanya Rp20 ribu sehari.

Supratman menilai anggaran kecil itu sebagai masalah. Menurutnya, hal itu sudah terjadi bertahun-tahun.

Menkumham membeberkan, di perkiraan total anggaran untuk biaya makan warga binaan Kementerian Hukum dan HAM kurang lebih Rp1,3 atau 1,4 triliun.

“Itu kalau dihitung per kepala, jatuhnya Rp20 ribu, sudah sekian lama itu tidak naik-naik,” kata Supratman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta. Dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (23/8/2024).

Supratman sudah mengkaji hal itu. Ia sedang berupaya melobi Komisi III DPR untuk merestui penambahan anggaran makan untuk warga binaan.

Ia tak menyebut anggaran ideal untuk makan para napi. Supratman berkata hal itu akan dibahas lebih lanjut.

“Komisi III sudah memberikan dukungan agar peningkatan uang makan itu bisa lebih ditingkatkan, namun demikian nanti pada saat rapat Badan Anggaran maupun kepada pimpinan DPR akan saya laporkan,” ujarnya.

Sebelumnya, persoalan anggaran untuk memberi makan narapidana telah terjadi bertahun-tahun. Menkumham Yasonna Laoly pernah mengakui pengelolaan rutan sebagai beban berat pemerintah.

Rp15 ribu. Yasonna mengakui anggaran itu membuat sejumlah masalah kesehatan.

“Kami sedang kaji. Memang ada usulan soal pengelolaan Rutan oleh swasta,” ucap Yasonna dalam Rapat Kerja dengan Komisi III di Gedung DPR, Jakarta, 10 April 2017 lalu.

 

Sumber: CNN Indonesia

Comment