Pepsodent Edukasi dan Periksa Gigi Gratis di Ponpes Al Ikhlas Ujung Bone

BERITA.NEWS,Bone- Sebanyak 1.000 santri dan pengurus Pondok Pesantren Al Ikhlas Ujung Bone telah mendapatkan edukasi menjaga kesehatan gigi dan mulut serta pemeriksaan gigi gratis dari Pepsodent.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kampanye “Senyum Sehat Indonesia” yang terselenggara atas kerja sama PDGI Cabang Bone dan Pepsodent dengan dukungan penuh Kementerian Agama Kabupaten Bone.

Permasalahan gigi adalah isu kesehatan paling sering diderita sebagian besar penduduk dunia maupun Indonesia, dari seluruh lapisan usia.

Salah satu kasus yang paling banyak ditemui adalah gigi berlubang atau karies. Tantangan ini juga dihadapi Kabupaten Bone, sebanyak 54,58% penduduknya memiliki karies, dimana mayoritas penderita adalah anak-anak .

Untuk itu, anak-anak menjadi fokus utama dari kampanye “Senyum Sehat Indonesia” agar mereka dapat memulai kebiasaan baik ini sejak dini, termasuk lewat program “Santri Berseri” terlaksana sejak awal tahun hingga kini telah menjangkau lebih dari 10.000 santri di berbagai wilayah Indonesia.

Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone yang juga merupakan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta hadir langsung dalam kegiatan edukasi tersebut.

“Setelah beberapa waktu lalu diadakan di Masjid Istiqlal dengan melibatkan lebih dari 500 santri, kini 1.000 santri dan pengurus Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone juga ikut mendapatkan edukasi dan pemeriksaan gigi gratis.

Kolaborasi berkelanjutan ini tentunya kita apresiasi bersama karena dampaknya sangat besar bagi para santri, terutama dengan masih adanya kendala bagi warga pesantren untuk rutin memeriksakan diri ke dokter gigi,” ucapnya.

Prof Nasaruddin Umar mengatakan edukasi dan pemeriksaan gigit gratis ini akan membantu para santri dan pengurus pondok dalam melakukan rutinitas belajar dan ibadah.

“Tentunya kesehatan harus menjadi prioritas, termasuk gigi dan mulut. Untuk itu, saya sangat bersyukur atas kehadiran kampanye ‘Senyum Sehat Indonesia’ yang terselenggara atas dukungan Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent ini, sebagai wujud tulusnya perhatian mereka atas kesehatan para santri binaan kami,” ujarnya.

Sementara itu dr. M. Yusuf yang juga Ketua PDGI Cabang Bone menilai kesadaran merawat kesehatan gigi dan mulut di Kabupaten Bone masih terbilang rendah.

“Tercatat bahwa dari 93,05% masyarakat yang menyikat gigi setiap hari, baru 8,41% menyikat gigi pada waktu yang tepat. Selain itu, hanya 5% masyarakat Kabupaten Bone yang melakukan kunjungan ke dokter gigi selama setahun .

Karena masyarakat Bone cenderung melakukan pengobatan sendiri jika sakit gigi, maka kunjungan kami juga bermaksud untuk mengedukasi para santri dan pengurus pondok pesantren

agar tidak ragu memanfaatkan konsultasi dengan tenaga dokter gigi profesional di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, seperti di Puskesmas, tanpa perlu mengeluarkan biaya,” jelaskan.

Comment