Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Jeneponto Operasi di Pasar Allu

BERITA.NEWS, Jeneponto – Pj Bupati Jeneponto Junaedi Bakri melakukan Operasi Pasar Allu, Kecamatan Bangkala.

Operasi Pasar tersebut guna mengecek stok dan harga bahan pokok juga stabilitas perekonomian menjelang hari raya Idul Fitri, Selasa (2/4/2024).

“Ini harus dijaga dari potensi timbulnya turbulensi harga yang tidak terkendali sehingga kenaikan harga khususnya harga pangan penyumbang inflasi akan mempengaruhi stabilitas ekonomi secara menyeluruh,” jelas Pj Bupati.

Menurut Junaedi Bakri lonjakan harga pangan atau sembako ini biasa terjadi jelang hari raya Idul Fitri.

“Biasanya kalau mendekati hari Raya idul Fitri biasa terjadi lonjakan harga makanya kita lakukan operasi di setiap pasar guna mengantisipasi lonjakan harga secara signifikan,” ungkap Junaedi Bakri.

Sementara itu, Kadis Perindag Jeneponto manrancai Sally mengatakan akan terus memantau harga komoditas pangan menjelang hari Raya idul fitri.

“Kita akan lakukan terus operasi pasar jangan sampai ada yang meningkat. Jangan sampai harga di kabupaten lain normal dan di Kabupaten Jeneponto naik, ” ujarnya.

Dari hasil pemantauannya, harga kebutuhan pokok dan komoditas lainnya, menurutnya masih stabil.

“Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok relatif stabil, meski beberapa komoditas yang harganya naik dan ada juga yang turun,” bebernya.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TIPD) Kabupaten Jeneponto yang terdiri dari berbagai unsur pemerintah Kabupaten Jeneponto, TNI, Polri, Bulog dan instrumen lainnya secara rutin melakukan monitoring pelaksanaan operasi pasar sehingga dengan banyaknya instrumen yang dilakukan pemerintah dalam mencegah inflasi termasuk Dengan operasi pasar ini.

Diharapkan, mendukung stabilitas harga di pasar terutama menjelang momen-momen hari besar keagamaan seperti hari raya idul fitri.

Harapan bersama penyediaan barang kebutuhan pokok tersebut mendukung tersedianya kebutuhan dasar bagi warga masyarakat sehingga terciptanya stabilitas harga sehingga tingkat inflasi dapat dikendalikan.

 

Penulis: Muh Ikbal

Comment