Dewan Usulkan 5399 Pokok Pikiran di RKPD 2023, Pemprov Sulsel Tegaskan Ini

Kepala Bappelitbangda Sulsel Andi Darmawan Bintang (Ist)

BERITA.NEWS,Makassar– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel usulkan 5399 Pokok Pikiran masuk di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023.

Angka ini mencuat saat Musrembang RKPD Provinsi 2023. Ribuan pokok pikiran Dewan ini menjadi dasar Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyusun program di tahun terkahir Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Bappelitbangda Sulsel Andi Darmawan Bintang mengaku pihaknya menerima 5399 pokok pikiran dewan. Hanya saja tidak semua bisa terakomodir.

“Jadi pokok-pokok pikiran DPRD sudah di atur melalui peraturan perundangan dan melalui proses formal jadi semuanya memenuhi persyaratan peraturan perundangan yang berlaku,” ucapnya. Selasa (30/3/2022).

Baca Juga :  Idul Adha 2022, Sekprov Sulsel Ingatkan Bahaya Virus PMK Hewan Kurban

Darmawan mengatakan nantinya ribuan pokok pikiran Dewan ini akan melalui tahapan rekapitulasi, validasi dan verifikasi di masing-masing Organsiasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jadi usulan itu verifikasi di OPD sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Jadi kalau ada 5000 tidak semua juga terverifikasi memenuhi syarat menjadi sebuah kegiatan,” jelasnya.

“Pun kalau misalnya memenuhi syarat itu akan pilih dari sisi urgensi pertama, prioritas kesesuaian dengan RPJMD dan yang terakhir adalah Apakah tersedia cukup dana untuk melakukan pelaksanaan kegiatan tersebut,” tembahnya.

Lebih lanjut, Darmawan menjelaskan bagian dari pokok pikiran Dewan ini bersifat program, sehingga bisa saja ada beberapa anggota punya isi usulan yang sama.

Baca Juga :  Sekprov Sulsel Evaluasi Serapan Anggaran OPD Pemprov

“Jadi kalau misalnya 5 bisa saja 1 yang masuk tapi istilahnya itu rekomendasi. Tetapi ada juga yang mengatakan itu harus terwakili berdasarkan daerah pemilihan tentu kita bisa mengerti,” jelasnya.

“Hanya saja itu saya bilang tadi cuma tiga syarat terpenuhi ndak berdasarkan urgensi RPJMD dan ketersediaan dana,” pungkasnya.