Mensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Palas

Mensos Tri Rismaharini didampingi Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, bersama Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si dan Sekda Arpan Nasution usai meninjau dan menjenguk korban banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam, Senin (3/1) malam. (ANTARA/Ashari)

BERITA.NEWS, Sibuhuan – Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau lokasi banjir bandang yang melanda lima desa di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Senin (3/1) malam.

Mensos Tri Rismaharini didampingi Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, bersama Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan dan Sekda Arpan Nasution dan rombongan meninjau lokasi SDN dan rumah warga yang rusak akibat banjir bandang tersebut di desa Tamiang.

Selanjutnya mengunjungi korban banjir bandang tersebut, di Posko Pengungsian Pondon Pesantren Babul Hasanah, Desa Manggis.

Selain itu, Mensos juga meninjau posko pengungsian dan posko petugas penanggulangan bencana alam di Desa Tanjung Baru dan melihat kondisi kesiapan fasilitas dapur umum untuk para korban bencana alam tersebut.

Saat meninjau lokasi banjir tersebut, Mensos Tri Rismaharini menyerahkan secara simbolis bantuan logistik untuk penanganan korban bencana banjir bandang di Palas senilai Rp762.115.403.

Menanggapi aspirasi para korban banjir bandang terkait kebutuhan rumah dan lainnya, Mensos Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan menunggu hasil musyawarah kesepakatan bersama, mulai dari ditingkat desa, pemerintah kecamatan dan Forkopimda Palas untuk penanganan pemenuhan aspirasi korban banjir bandang yang membutuhkan rumah tersebut.

“Nanti kita bicarakan bersama, karena tidak bisa keputusannya sekarang. Kalau tiba-tiba nanti ada hujan, apakah lokasi itu layak atau tidak. Saya minta Forkopimda rapat dan konsultasi dengan ahli dari perguruan tinggi kelayakan dari lokasi. Karena, kalau dibangun tiba-tiba ada masalah kan malah bahaya, apalagi sampai menimbulkan korban. Itu tidak boleh terjadi, untuk itu akan dirundingkan oleh Forkopimda sesuai yang saya minta tadi, apakah nanti relokasi atau apa karena harus dilihat dari kelayakannya,” katanya.

Risma mengemukakan jangan sempai terjadi seperti di suatu tempat, diberikan dan sudah jadi, ternyata kena longsor habis semua rumah itu. Sementara Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada Mensos Tri Rismaharini beserta rombongan atas kunjungannya ke lokasi banjir bandang sekaligus memberikan bantuan logistik tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, Zarnawi berharap hubungan silaturahim dan sinergi antara pihaknya dengan Kemensos RI ke depan semakin baik.

“Kedatangan Mensos Tri Rismaharini adalah suatu penghargaan yang besar bagi kita semua. Beliau hadir, dan ada di tengah-tengah kita semua saat dalam kondisi seperti ini. Sekali lagi terima kasih kepada ibu Mensos dan rombongan atas kedatangan dan pemberian bantuannya. Semoga kegiatan ini diridhoi Allah SWT, dan membawa berkah bagi kita semua, khususnya bagi saudara saudari kita korban banjir bandang,” katanya.

Banjir bandang melanda lima desa di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, yakni Desa Tamiang, Tanjung Barani, Tanjung Baru, Manggis dan Desa Siadam, Kecamatan Batang Lubu Sutam.

  • ANTARA