Ada 13 Titik Pohon Tumbang Pasca Hujan Deras di Jakarta Barat

Salah satu pohon tumbang di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (17/12/2021). ANTARA/HO-Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat

BERITA.NEWS, Jakarta – Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) sedang menangani pohon tumbang di 13 titik pasca hujan deras dan angin kencang pada Jumat siang.

“Laporan yang masuk ada 13 titik. Sekarang sedang kita tangani,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat Djauhar Arifien saat dihubungi di Jakarta.

Djauhar menjelaskan sejumlah pohon tumbang antara lain terjadi di Jalan Batu Mulia Kembangan Dalam, Kelurahan Srengseng, Jalan Panjang Assidiqiah, Taman Wijaya Kusama, Taman Alfa Indah Kembangan, Pom bensin Jalan Meruya Ilir, halaman Puskesmas Srengseng Kecamatan Kembangan dan Jalan Kamboja Saung Kota Bambu Selatan.

Juga di Jalan S Parman, Jalan Haji Lebar Saung Kembangan, Jalan Kampung Gaga Semanan, Jalan Jeruk Permai 3 Kebon Jeruk dan Jalan Ratu Barat Duri Kepa.

Djauhar mengatakan mayoritas laporan yang masuk terkait ranting atau dahan pohon yang tumbang. Untuk pohon tumbang berukuran besar hanya di beberapa titik saja.

Akibat peristiwa pohon tumbang itu, katanya, beberapa ruas jalan di lokasi sempat tertutup sehingga kemacetan panjang pun terjadi.

Salah satu lokasi yang terkena dampak kemacetan adalah di kawasan Meruya Ilir, Srengseng Kembangan.

“Sejauh ini hanya menimbulkan arus yang tersendat. Belum ada laporan korban jiwa juga,” kata dia.

Hingga saat ini, beberapa petugas masih melakukan penanganan pohon tumbang tersebut.

Djauhar mengerahkan empat sampai lima personel dari setiap kecamatan dan kelurahan untuk memotong dahan pohon dan memindahkannya ke sisi jalan.

“Ini teman-teman di lapangan sedang bekerja. Ada beberapa titik yang sedang ditangani, total pohon yang sudah ditangani ada delapan,” jelas Djauhar.

  • ANTARA