Basmin Peringati Hari Pahlawan di Palopo, Sekda Jadi Inspektur Upacara di Kantor Bupati Luwu

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang.

BERITA.NEWS, Luwu – Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2021 diperingati dengan upacara dan ziarah nasional ke taman makam pahlawan.

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Lapangan Pancasila, Kota Palopo, Rabu (10/11/2021).

Upacara ini dipimpin Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman sebagai inspektur upacara.

Andi Sudirman menjadi inspektur upacara usai meninjau kondisi jembatan Sungai Battang batas Kota Palopo – Kabupaten Luwu yang mengalami keretakan dan miring akibat tergerus arus sungai yang meluap.

“Kami hari ini telah meninjau dan telah memerintahkan untuk melalukan sift siang dan malam, untuk mempercepat perbaikan jembatan dan mari kita tetap tertib,” terang Andi Sudirman saat menyampaikan sambutan.

Baca Juga :  Sesuai Perintah Bupati, Disperkim Luwu Akan Perbaiki Asrama Mahasiswa di Makassar

Upacara Hari Pahlawan di Luwu

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Luwu juga melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di halaman Kantor Bupati Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Rabu (10/11/2021). Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu H Sulaiman menjadi inspektur upacara.

Sulaiman membacakan sambutan serentak dari Menteri Sosial Tri Rismahariani menyampaikan bahwa momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 menjadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

“Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas,” papar Sulaiman.

Baca Juga :  Diresmikan Kapolres, Aula Polres Luwu Dinamai Tebbakke Tongengnge

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan tema yang diangkat pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 yakni “Pahlawanku Inspirasiku”.

Rangkaian peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 dilanjutkan ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Belopa.

  • Muh Asri