72 CPNS Luwu Ikuti Latsar, Ahkam Basmin: Untuk Membentuk PNS Profesional dan Berkarakter

BERITA.NEWS, Luwu – Sebanyak 72 CPNS formasi umum tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Luwu mengikuti pelatihan dasar (latsar).

Sekertaris BKPSDM Andi Muhammad Ahkam Basmin membawa materi pelatihan dasar CPNS yang dilaksanakan di Aula Hotel Karmila Kecamatan Belopa Utara, Senin (7/6/2021).

Ahkam Basmin mengatakan, latsar CPNS ini diikuti sebanyak 72 peserta dan berlangsung mulai dari tanggal 20 Mei hingga 10 Juni 2021 yang diasramakan di Hotel Karmila.

Tujuan Latsar CPNS ini, kata Ahkam, untuk membentuk PNS yang profesional dan berkarakter, dibentuk oleh nilai-nilai dasar profesi PNS. “Sehingga mampu melaksankan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat,” katanya.

Ahkam mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai unsur utama sumber daya aparatur negara mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Baca Juga :  Pemkab Luwu Gelar Rakor Bahas Stunting

“Oleh karenanya, perlu dibangun Aparatur Sipil Negara yang memiliki integritas, profesional, netral dan bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Di era pandemi sekarang ini, kata Ahkam, para ASN sudah harus terbiasa memanfaatkan teknologi.

Percepatan transformasi digital ini merupakan basis utama bagi kemampuan ASN untuk beradaptasi terhadap tuntutan perubahan secara tepat dan cepat, serta menentukan keberlangsungan dan keberhasilan reformasi birokrasi.

Hal ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah pusat untuk memacu kecepatan peningkatan kualitas ASN untuk pembentukan generasi Smart ASN demi terwujudnya birokrasi berkelas dunia.

Baca Juga :  Lepas Atlet PTMSI Luwu Berlaga di Kejurprov, Erny Maramba Siapkan Bonus Bagi Peraih Juara

“Saya harap dengan pelatihan dasar CPNS ini mampu menjadi wadah untuk meningkatkan, meng-kolaborasikan dan membangun karakter seorang abdi Pemerintah dan masyarakat yang berkompeten dan mampu melihat dan menjawab tantangan zaman,” tambahnya.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan dasar prajabatan agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, sehingga tujuan dari dilaksanakannya pelatihan dasar prajabatan ini dapat tercapai secara optimal sesuai yang diharapkan oleh Pemerintah sebagaimana regulasi yang ada,” kuncinya.

  • Muh Asri