Luwu Segera Miliki Terminal

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Supriadi

BERITA.NEWS, Luwu – Usaha Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu sejak tahun 2010 lalu yang terus mengusulkan pembangunan terminal akhirnya membuahkan hasil di 2020 kemarin. Ini artinya, tidak lama Kabupaten Luwu akan memiliki terminal induk.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Supriadi menceritakan perjuangan untuk mewujudkan terminal.

Supriadi sendiri baru menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan pada tahun 2020. Dia berhasil mengusulkan pembangunan terminal sebagai program utama yang diprioritaskan oleh pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Luwu H Basmin Mattayang.

“Sejak 2010 itu kami (Dinas Perhubungan Luwu) mengusul ke provinsi, usul ke Jakarta tidak ada kabar, tidak ada balasan. Kami sendiri kurang tahu apa kendala sebenarnya waktu itu. Tapi Alhamdulillah, pemerintah daerah di bawah kepemimpinan bupati saat ini yakni Bapak H Basmin Mattayang mampu bekerjasama dan dengan tekad yang sama kita berhasil ajukan,” ceritanya saat ditemui di kantornya, Senin (22/3/2021).

Baca Juga :  Jam Kerja ASN di Luwu Dikurangi selama Ramadhan, Pulang Pukul 15.00 WITA

Terminal angkutan penumpang tipe C tersebut rencananya akan dibangun di depan Kantor Dishub, tepatnya di Jalan Jalur Dua Belopa, Kelurahan Sabe, Kecamatan Belopa Utara dengan luas area kurang lebih 2 hektar.

Menurutnya, lokasi tersebut dianggap strategis sebab berdekatan dengan Pasar Sentral Belopa sehingga kelak sudah terbayang bagaimana ramainya pusat ekonomi di sana.

“Ini adalah upaya kita untuk tidak mengganggu arus lalu lintas. Dan ini nanti kedepannya akan menjadi salah satu pusat perputaran ekonomi. Nanti kita akan bangun 14 petak los yang terdiri dari perkantoran, ada klinik, tempat ibu menyusui dan nanti juga ada warkopnya dan kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Adapun dana yang dianggarkan dari APDB daerah yakni sejumlah Rp3,6 miliar untuk bangunan fisik dan ratusan juta untuk biaya lain-lain seperti pengawasan dan umum, sehingga total anggaran diperkirakan mencapai Rp4 miliar.

Baca Juga :  Tarawih Perdana di Masjid Agung, Ini Imbauan Bupati Luwu

“Bulan April rencana akan diadakan pelelangan tender dan Mei kita sudah mulai membangun. Kita usahakan tahun 2022 sudah rampung dan sudah bisa digunakan oleh angkutan umum untuk beroperasi,” ungkapnya.

Supriadi mengharapkan dengan adanya terminal ini maka tidak ada lagi angkutan umum yang parkir di bahu jalan sehingga bisa ditertibkan dan diatur jalur keluar masuknya angkutan umum di Kabupaten Luwu.

  • MUH ASRI