Andi Mudzakkar Beri Batik Sawerigading ke Ketua KNPI Sulsel

BERITA.NEWS, Luwu – Acara peluncuran batik Luwu digelar di Gedung Aula BRC Belopa, Minggu (14/2/2021). Hadir dalam kegiatan ini nampak hadir Bupati Luwu Dr Basmin Mattayang, Kapolres Luwu AKBP Fajar Dani Susanto, Kajari Luwu Erni Veronica Maramba, Dandim 1403 Sawerigading Letkol (Inf) Gunawan, Ketua Pengadilan Belopa Purwanto S Abdullah.

Hadir pula Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Ketua Bhayangkari Ayu Fajar Dani, Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Dr Hj Hayarna Hakim, mantan Bupati Luwu Ir Andi Mudazakkar, Ketua KNPI Sulawesi Selatan Arham Basmin, dan para pejabat eselon II.

Kegiatan yang digagas oleh Dekranasda kerja sama dengan Bhayamgkari Luwu ini tetap berpegang teguh dengan standar protokoler kesehatan.

Dalam acara launching batik ini, ada hal yang berbeda dan unik, yakni Ir Andi Mudzakkar yang biasa disapa Cakka memberikan hadiah batik Sawerigading yang dirancangnya sendiri kepada Ketua KNPI Sulsel Arham Basmin.

Baca Juga :  UKPBJ Gelar Penyuluhan Hukum Bersama Kejari, Plt Sekda Luwu: Kelola Administrasi Keuangan dengan Baik

“Saya sebagai om meminta ponakan saya Ketua KNPI Sulsel untuk langsung menggunakan batik yang saya berikan ini sekarang dan saat menghadiri acara di luar Luwu,” kata Cakka, disambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir.

Sementara Arham Basmin usai diberikan batik Sawerigading mengatakan bahwa ini adalah sebuah kejutan bagi dirinya.

“Tentu saya sangat berterima kasih kepada Bapak Ir Andi Mudzakkar, bagi saya Pak Cakka adalah orang tua, tokoh Luwu yang kita harus apresiasi bersama karena beliau telah melahirkan sebuah gagasan dan karya baru tentang batik Sawerigading,” katanya.

Baca Juga :  Pj Sekda Luwu: Ripparkab Jadi Gerbang Lahirnya Regulasi Kepariwisataan di Daerah

Menurutnya, hadirnya peluncuran batik di Luwu sama halnya menjaga warisan leluhur budaya Indonesia. Untuk itu peran pemerintah harus hadir dan menjadi pionir bisnis yang bergerak di industri kerajinan batik.

“Sehingga para pengrajin batik di Luwu dapat memasarkan produk mereka di tingkat lokal maupun mancanegara guna mendapatkan konsumen yang lebih luas, sekaligus mempertegas bahwa batik Luwu juga tak kalah hebat kualitasnya dibanding batik daerah lain,” tambah Arham.

  • MUH. ASRI