Truk Terbakar di Tol Japek Diduga Rusak Rem

Satu unit tuk trailer bernomor polisi KT 8418 LR terbakar di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 19 arah Cikampek pada Selasa (2/2) pukul 18.00 WIB. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).

BERITA.NEWS, Cikarang – Satu unit truk trailer bernomor polisi KT 8418 LR terbakar di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Kilometer 19 arah Cikampek karena diduga mengalami kerusakan pada rem.

“Kejadian kebakaran truk itu sekitar pukul 18.00 WIB tadi,” kata Humas Tol Japek Hendra Damanik di Bekasi, Selasa (2/2/2021).

Hendra mengatakan peristiwa kebakaran itu bermula ketika truk yang dikendarai Sholikin (52) mengalami kerusakan rem saat berada di lajur dua ruas Tol Japek.

Kerusakan rem itu, katanya, tidak dihiraukan sopir dan justru memilih memaksakan tetap berjalan sehingga mengakibatkan panas bagian cakram rem hingga terbakar.

Baca Juga :  Webinar Hari Perempuan Sedunia, ini Harapan Ketum SPI

“Rem macet dipaksa jalan mengakibatkan velg panas, akibat gesekan menimbulkan api dan langsung menyambar, membakar ban belakang kepala trailer,” kata Hendra.

Akibat kejadian itu, petugas jasa marga langsung menghubungi Unit Pemadam Kebakaran Wilayah Bekasi.

Hendra menyebut saat ini api sudah berhasil dipadamkan sementara truk juga sudah dievakuasi ke tepi jalan untuk kemudian dievakuasi ke luar jalan tol.

Baca Juga :  Webinar Hari Perempuan Sedunia, ini Harapan Ketum SPI

Dia juga mengatakan kejadian ini sempat menyebabkan arus kendaraan menjadi padat mulai dari Bekasi Barat hingga Kilometer 19 di Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi.

“Situasi sudah kembali normal, tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran truk ini,” kata Hendra.

  • ANTARA