Pemprov Sulsel Pulangkan 102 Pengungsi Gempa Sulbar Asal Pulau Jawa

Pemulangan korban gempa Sulbar asal Pulau Jawa oleh Pemprov Sulsel. (Dok. Pemprov Sulsel)

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel fasilitasi pemulangan 102 orang korban gempa Sulbar asal Pulau Jawa ke kampung halaman mereka masing-masing. Mereka naik pesawat dari Lanut Sultan Hasanuddin, Kamis (21/1/2021).

Plt Kepala Dinas Sosial Sulsel, Gemala Faoza mengatakan dari 102 pengungsi Gempa Sulbar asal Pulau Jawa tersebut, 54 orang diantarnya warga Jawa Tengah (Jateng) dan 48 orang warga Jawa Timur (Jatim).

Gemala mengatakan pihaknya sudah membangun koordinasi dengan Dinas Sosial Jawa Timur, Jawa Tengah dan kabupaten masing-masing untuk menjemput mereka saat tiba di pulau Jawa.

Baca Juga :  Pemkot Ingin Ambil Alih Masjid 99 Kubah, Plt Gubernur Andi Sudirman Tegaskan Ini

“Sudah kami koordinasikan dengan Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan rencananya di tujuan nantinya rombongan pengungsi akan dijemput oleh gubernur masing-masing,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) mengaku akan menanggung semua biaya kepulangan warga Jatim dan Jateng yang terkena dampak gempa bumi di Sulbar melalui jalur udara.

“Semua (biaya) atas tanggungan pemerintah provinsi. Jadi kalau mereka bisa kembali ke kampung bertemu dengan keluarga, mungkin trauma itu bisa terobati. Saya juga tadi berdiskusi dengan semuanya para saudara-saudara kita dari Mamuju, mereka sebenarnya punya rumah juga di Jawa Timur, maupun yang Jawa Tengah,” pungkasnya.

  • ANDI KHAERUL