Tinjau Proyek Bendungan Karalloe, Wagub Sulsel: Tahun Depan Selesai

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat tinjau Bendungan Karalloe.

BERITA.NEWS, Makassar – Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan progres pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Karalloe Tahap II capai 80 persen. Targetnya selesai tahun depan 2021.

Andi Sudirman mengaku takjub dengan desain bendungan dengan tinggi 85 meter tersebut. Selain bermanfaat untuk pengendali banjir dan mengairi lahan, juga bisa menjadi objek wisata, dengan spot pemandangan yang indah di sekitar bendungan.

“Kita akan mengurai kekeringan lahan pertanian Jeneponto secara bertahap. Alhamdulillah bendungan ini adalah Proyek Strategis Nasional (PSN), saat ini sudah di atas 80 persen progresnya. Masih in progress, Insya Allah tahun depan sudah selesai. Dengan kapasitas mengairi 7.004 hektare dan tenaga listrik 4,5 MW,” jelasnya, Senin (23/11/2020).

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Pulangkan Pengungsi Gempa Sulbar Asal Pulau Jawa dan Kalimantan

Diketahui, bendungan ini mampu meningkatkan cadangan air, mengairi sawah 7.004 hektar, peningkatan intensitas tanam dari 150 persen menjadi 250 persen, air baku kurang lebih 440 liter/detik, pembangkit listrik tenaga air kurang lebih 4,5 MW, pengendali banjir.

“Sangat bagus desainnya. Menarik karena ada spot wisata, dengan desain yang modern dan rumah bangunan minimalis sekitarnya nan rapi,” lanjutnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek tersebut dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan – Jeneberang (BBWSPJ) Arfandi mengatakan untuk tahap I Bendungan Karalloe habiskan APBN Rp 578 miliar, tahap II disiapkan Rp 689 miliar.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Pulangkan 102 Pengungsi Gempa Sulbar Asal Pulau Jawa

“Untuk paket satu, kontrak tahun 2013 dan selesai di tahun 2019. Untuk paket dua, pelaksanaan konstruksi 25 Mei 2018 – 9 Desember 2021. Saat ini progresnya sudah di atas 80 persen,” sebutnya.

– ANDI KHAERUL