BPBD Barru Latih Relawan Penanggulangan Bencana

BERITA.NEWS, Barru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barru menggelar pelatihan tim reaksi cepat penanggulangan bencana. Pelatihan untuk peningkatan peran masyarakat dalam pelestarian lingkungan ini digelar di Bolapitue, Senin (5/10/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dengan stakeholder yang menangani bencana. Karena pemerintah menyadari bahwa penanggulangan bencana tidak bisa sepenuhnya mengandalkan sumber daya dari pemerintah daerah. Dibutuhkan tenaga dan partisipasi masyarakat, termasuk suka relawan menanggulangi bencana.

Dengan pelatihan ini, diharapkan kapasitas dan sumber daya relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Barru bisa meningkat.

Plt Bupati Barru Nasruddin mengucapkan terima kasih kepada para narasumber, yang berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, PMI Kabupaten Barru, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim, Nahdlatul Ulama, Akmil, dan juga DDI.

“Semoga apa yang kita laksanakan sekarang ini dapat berguna dan bermanfaat serta menjadi bagian dari kewaspadaan, bagian dari kesiapsiagaan kita dalam menangani bencana di Kabupaten Barru,” harap Nasruddin.

Menurut Nasruddin, kedepan kegiatan-kegiatan yang bersifat multi stakeholder akan mendapatkan perhatian dari Pemda. “Karena kita sadar bahwa keberhasilan dan capaian kinerja suatu institusi tidak terlepas dari kontribusi stakeholder lainnya,” tambah bupati yang kemudian membuka secara langsung kegiatan pelatihan ini.

. MAULANA KARIM

loading...