16-22 September, Pemkab Luwu Gelar Pekan UMKM Expo

BERITA.NEWS, Luwu – Pemerintah Kabupaten Luwu yang bersinergi dengan Kejaksaan Negeri Luwu siap mengelar Pekan UMKM Expo 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-22 September 2020.

Hal ini diungkapkan Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemkab Luwu sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Andi Palanggi usai memimpin rapat pemantapan teknis di halaman Sentra IKM Barambing, Desa Buntu Kunyi, Kecamatan Suli, Senin (14/9/2020).

“Alhamdulillah dalam rapat tadi, semua koordinator seksi telah menyampaikan persiapan-persiapan yang telah mencapai 95 persen, 5 persennya tinggal finishing yang akan diselesaikan esok hari sehingga pada tanggal yang telah ditentukan kita sudah siap untuk mengelar Pekan UMKM Expo 2020,” kata Andi Palanggi.

Menurut Andi Palanggi, Pemerintah terus berusaha untuk mendorong kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal sebagai langkah yang tepat dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga :  Basmin dan Nurdin Terbang Perdana Bersama Citilink dari Bandara Bua

“Dalam rangka pemulihan ekonomi Indonesia, dibutuhkan dunia usaha termasuk UMKM lokal untuk segera bangkit sehingga kita berharap dengan terlaksananya Pekan UMKM ini dapat menjadi pemicu kebangkitan perekonomian nasional terkhusus di Kabupaten Luwu,” katanya.

Dalam Pekan UMKM Expo, Panitia Pelaksana memberikan keleluasaan kepada masing-masing kecamatan untuk mengatur dan mengakomodir UMKM yang ada di wilayahnya.

“Kita telah mempersiapkan 22 tenda sesuai jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Luwu, panitia memberi kewenangan pihak kecamatan untuk mengatur UMKM, Gapoktan, Bumdes dan koperasi yang dinilai sehat dan berproduktif untuk mewakili kecamatannya,” jelas Andi Palanggi.

Baca Juga :  Luwu Raih Predikat ODF, Hj Hayarna Basmin: Berkat Kerja Keras Semua Elemen Masyarakat

Pekan UMKM Expo akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran produk UMKM, Gapoktan, Bumdes dan Koperasi, Lomba-lomba UMKM, Lomba E-Sport, edukasi bagi pelaku UMKM dan berbagai hiburan yang telah disiapkan oleh panitia.

“Bagi pelaku UMKM yang ikut dalam kegiatan ini, kami gratiskan semuanya sehingga mereka tinggal masuk dan menyiapkan bahan pamerannya,” ungkapnya.

Turut hadir dalam rapat pemantapan Kajari Luwu Erny Veronika Maramba beserta jajarannya dan para Kepala OPD lingkup Pemkab Luwu.

. MUH. ASRI

loading...