Pemprov Sulsel Hadirkan 2 Mobil PCR Covid-19, Habiskan Anggaran Rp 7 Miliar

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau mobil PCR Covid-19.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) melaunching penggunaan Mobile Combat Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, Rabu (12/8/2020).

Diketahui, pengadaan dua unit mobil PCR Covid-19 tersebut menghabiskan anggaran Rp 7 miliar dari kas Gugus Tugas Penanganan Covid. Satu unit mobil tersebut dihargai Rp 3.5 miliar.

“Kita udah punya pengalaman, bahwa pandemi Covid-19 ini hal yang paling penting harus kita lakukan adalah tes masif ya. Tracing secara masif,” kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Tertibkan Jukir Liar di Lego-lego CPI, Tarif Satu Kendaraan Rp 10 ribuĀ 

Selain untuk Covid-19, kegunaan mobil PCR tersebut bisa memeriksa HIV-Aids dan tes narkoba. Hal itu kata NA sebagai upaya untuk bagaimana melindungi masyarakat.

“Saya kira ini penting sekali terutama dalam rangka menentukan status apa orang-orang yang sementara dirawat. Jadi kita tidak ada alasan lagi menunggu (lama) hasil Swab dari lab, kita sudah punya mobile swab,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel Ichsan Mustari mengaku satu mobil PCR Covid-19 tersebut akan diisi oleh 5 petugas.

Baca Juga :  Pesan Gubernur NA kepada 7 Pjs Bupati: Tidak Boleh Otak-atik APBD, Jaga Netralitas ASN

“Kalau satu putaran tadi 8 specimen, yg kita liat ini kecepatannya untuk memeriksa, satu kali running 8 spesimen itu bisa sampai 600 – 700,” pungkasnya.

. ANDI KHAERUL

loading...