Normalisasi Sungai Masamba, Turunkan Belasan Alat Berat

Alat berat dikerahkan untuk normalisasi Sungai Masamba (Foto: Muhammad Riyas/detikcom)

BERITA.NEWS, Luwu Utara – Banjir bandang yang menerjang Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) menyisakan sejumlah persoalan. Pemerintah setempat pun mulai membenahinya dengan melakukan normalisasi Sungai Masamba.

Pemkab Luwu Utara bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerjunkan 19 unit alat berat untuk upaya normalisasi sungai itu. Pengerahan alat berat diharapkan mempercepat upaya penanganan itu.

“Sesuai arahan Menteri PUPR, normalisasi dilakukan karena dasar sungai sudah naik, bahkan ketebalannya mencapai 8 meter,” ujar Kadis PUPR Pemkab Luwu Utara Suaib Mansur, Minggu (2/8/2020), mengutip Detikcom.

Baca Juga :  BNPB: 19.435 Orang Mengungsi Akibat Gempa Sulbar

Upaya normalisasi Sungai Masamba digalakkan lantaran intensitas curah hujan yang masih cukup tinggi di Luwu Utara. Sebab, sebelumnya sungai itu diketahui tak mampu menampung air hujan dan kiriman air dari hulu sungai.

Selain upaya normalisasi itu, Suaib mengatakan pemerintah setempat terus melakukan upaya pembersihan kota Masamba dari material lumpur dan kayu yang terbawa oleh banjir banjir bandang.

Baca Juga :  Longsor di Majene, Akses Menuju Mamuju Terputus

“Kita juga terus melakukan upaya pembersihan material sungai yang naik hingga ke permukiman warga,” ucapnya.