BPOM Jamin Validitas Protokol Uji Klinis Vaksin Covid-19

Tangkapan layar Kepala BPOM Penny Lukito dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (19/5/2020) (ANTARA/Prisca Triferna)

BERITA.NEWS, Jakarta – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuty Lukito mengatakan, pihaknya menjamin validitas protokol uji klinis vaksin COVID-19.

“Tentu saja Badan POM menjamin protokol dari uji klinis ini valid. Kami akan dampingi proses uji klinis ini sehingga nanti ada percepatan dalam pemberian izinnya, izin edarnya,” ujar Penny dalam konferensi pers seusai mengikuti Rapat Kabinet Terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga :  Pesawat Tempur F-16 TNI AU Patroli Pulau Terluar di Selat Malaka

Penny mengatakan saat ini uji klinis vaksin COVID-19 sudah masuk tahap ketiga. Tahap ketiga ini merupakan tahap yang paling penting dan sudah tahap lanjut.

“Artinya kita sudah hampir sampai pada menemukan dan memproduksi vaksin tersebut,” kata Penny.

Sebelumnya tahap satu dan kedua yang merupakan tahap preklinis sudah dilalui.

Penny mengatakan, pihaknya secara paralel juga akan mendampingi proses produksi oleh Bio Farma, berkaitan dengan fasilitas sehingga pada saat uji klinis selesai, BPOM akan memberikan izin edar.

Baca Juga :  Ini 24 Nama yang Lolos Seleksi Tes Kesehatan dan Kepribadian Calon Hakim Agung

. ANTARA