Unhas Kirim 1 Ton Bakso untuk Korban Bencana Luwu Utara

Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc.

BERITA.NEWS, Makassar – Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin menggalang bantuan berupa pengiriman 1 ton bakso produksi Maiwa Breeding Center (MBC) yang secara resmi dilepaskan oleh Rektor Unhas, yang diwakili Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Prof. Dr. Muh. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D, pada, Minggu (19/7/2020).

Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc, menjelaskan, pengiriman bantuan bahan makanan kepada korban bencana telah menjadi tradisi baru bagi Fakultas Peternakan. Sebagaimana diketahui, situasi awal paska bencana selalu mendatangkan tantangan kebutuhan makanan bagi para korban.

“Ini sudah kesekian kalinya kita lakukan. Ketika terjadi bencana alam gempa bumi dan likuifaksi di Palu, kita juga mengirimkan bantuan. Unit produksi yang kami miliki mampu memproduksi secara cepat dalam jumlah memadai, sehingga hanya dalam waktu tidak sampai dua hari, bantuan ini siap kita kirimkan,” kata Prof. Lellah.

“Pagi ini juga kami akan segera mengirimkan bantuan ke Masamba. Kita berharap, korban yang terdampak, terutama yang saat ini berada di pengungsian dapat terbantu, terutama dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi,” lanjutnya.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Prof. Nasrum Massi, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas inisiatif Fakultas Peternakan, yang memanfaatkan potensi riset dan inovasi yang dimiliki. Menurutnya, sebagai perguruan tinggi yang mengusung semangat humaniversity, pemberian bantuan kepada korban bencana alam perlu menjadi kebiasaan.

“Pada setiap terjadi bencana, masing-masing pihak dan elemen masyarakat dapat memainkan peran untuk meringankan beban korban dan melakukan rekonstruksi. Bantuan yang diberikan berupa makanan siap santap dengan kandungan gizi yang tinggi akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak,” papar Prof. Nasrum.

Khusus untuk tim relawan yang akan membawa bantuan ke lokasi bencana di Masamba, Prof. Nasrum berpesan agar selalu berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19. Dirinya juga berharap, selain membawa bantuan, tim relawan diharapkan menyampaikan laporan situasi di lapangan, dan berkoordinasi dengan aparat setempat.

“Atas nama pimpinan universitas, kami menyampaikan terima kasih atas apa yang telah dilakukan. Kita masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga harap agar selalu mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus. Semoga bantuan ini memberi manfaat bagi masyarakat terdampak,” terangnya.

Bakso yang dikirimkan ke Masamba, Luwu Utara dikemas dalam ukuran 0.5 kg setiap paket, dan dimasukkan dalam ratusan kotak gabus (stereoform). Setelah pengiriman tahap pertama ini, MBC Fakultas Peternakan juga akan mempersiapkan pengiriman tahap selanjutnya.

Proses pembuatan bakso pada unit bisnis MBC Fakultas Peternakan Unhas juga melibatkan berbagai pihak. Sejumlah dosen, alumni, dan masyarakat memberikan donasi untuk penyiapan bahan baku. Sementara pembuatan bakso melibatkan 40 sivitas akademik, terdiri atas dosen, pegawai, dan mahasiswa.

. ALFIANDIS

Comment