Pasca-Banjir di Suli, Bupati Luwu Dirikan Dapur Umum untuk Masyarakat

Bupati Luwu Basmin Mattayang mendirikan dapur umum di lokasi bencana banjir di Desa Malela, Kecamatan Suli, Jumat (10/7/2020).

BERITA.NEWS, Luwu – Pemerintah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, terus melakukan upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir bandang. Salah satunya dengan mendirikan posko pengungsi dan dapur umum di lokasi bencana banjir di Desa Malela, Kecamatan Suli, Jumat (10/7/2020).

Di bawah komando langsung Bupati Luwu Basmin Mattayang langsung bergerak dan mengerahkan satu unit mobil dapur umum beserta personel dapur Tagana.

“Di Posko ini kami bekerjasama dengan BPBD mendirikan tenda untuk para pengungsi yang rumahnya rusak berat akibat diterjang banjir bandang. Kami juga mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir,” kata Basmin didampingi oleh Kepala BPBD Kabupaten Luwu Rahman Mandaria dan Kadis Sosial Maslim Malik.

Menurut Basmin, pendirian posko dan dapur umum ini merupakan kegiatan pelayanan sosial kebencanaan yang melekat di bidang perlindungan dan jaminan sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Luwu.

Sementara itu untuk tim medis, bupati mengatakan tenaga kesehatan dari Puskesmas Suli akan melakukan pelayanan kesehatan keliling di lokasi terdampak banjir.

“Insya Allah, tim medis tenaga kesehatan dari Puskesmas Suli akan turun ke lokasi terdampak banjir dan akan melakukan identifikasi penyakit akibat banjir. Mereka juga akan melakukan pelayanan kesehatan keliling serta edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat muncul pasca banjir,” ungkap Basmin.

Basmin juga menekankan kepada petugas Tagana, Camat, dan Kades agar dapat memastikan tidak ada warga yang terdampak banjir tidak makan, apalagi sampai kelaparan.

– MUH. ASRI

loading...