Pasien Covid-19 Sulsel Akan Dipusatkan di Tiga RS ini

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) bersama Direktur RSKD Dadi Makassar

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) siapkan tiga rumah sakit (RS) untuk khusus untuk tangani pasien Covid-19. Yakni RSKD Dadi, RSUD Sayang Rakyat dan RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan  RSKD Dadi dan RSUD Sayang Rakyat akan jadi rumah sakit awal pengecekan  yang alami gejala Corona. Orang dalam pantauan (ODPl), pasien dalam pengawasan (PDP) dan positif Orang tanpa gejal (OTG).

“Ada 3 RS kita siapkan. Yang lain itu hanya penyanggah tidak boleh menerima pasien Covid-19 PDP maupun positif. Selain tiga RS itu. Pertama RS sayang rakyat, RS dadi dan RSUP Wahidin,” ucapnya.

Lebih lanjut, NA menjelaskan untuk RSUD Sayang Rakyat dan RSKD Dadi disiapkan kurang lebih 318 tempat tidur. Tangani pasien gejala ringan, OTG dan PDP.

“Tapi bagi pasen yang ada penyakit bawaan itu kita rujuk ke RS Wahidin maka untuk screening pertama kita pilih RS Dadi yang akan mendistribusi semua pasien ini dia kemana,” ujarnya.

“Tidak ada lagi penolakan pasien. Karena kita atur gugus tugas. Termasuk ketika ada masalah kesehatan di rumah itu bisa call center. Kita screening awal kalau bukan di RS Dadi di RS Sayang Rakyat. Kalau ada penyakit bawaan itu kita bawa ke RS Wahidin,” pungkasnya.

Andi Khaerul


loading...