Gubernur ‘Bagi-bagi’ Anggaran di 3 Kabupaten, Sehari Habiskan Rp166,1 Miliar

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat hadiri HUT Kabupaten Pinrang.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) bagi-bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 dalam bentuk bantuan keuangan daerah. Sehari menghabiskan Rp166,1 miliar.

Anggaran segede itu digelontorkan ke kas tiga kabupaten yang hari ini Rabu (19/2/2020) bertepatan merayakan hari ulang tahun (HUT). Mulai dari Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Pinrang, dan Enrekang.

Diketahui, HUT Sidrap mendapat batuan keuangan daerah Rp 45,3 miliar, Pinrang Rp 63,1 miliar dan Enrekang Rp 57,7 miliar. Program bagi-bagi anggaran tersebut akan terus berlanjut hingga 24 kabupaten/kota dapat jatah masing-masing.

Diketahui, pada APBD tahun ini Pemprov Sulsel menyiapkan Rp500 miliar sebagai dana bantuan keuangan daerah. Sejauh ini sudah ada 6 daerah ikut kecipratan program Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman tersebut. Diantaranya, Takalar, Luwu, Bulukumba, Sidrap, Pinrang dan Enrekang.

Baca Juga :  Warga Makassar Digegerkan Penemuan Bayi Baru Dilahirkan

NA mengatakan bantuan tersebut bagian dari upaya mensinergikan program pemerintah provinsi (Pemprov) dan Pemerintah di 24 kabupaten/kota. Seperti, daerah-daerah yang lain penyerahan selalu bertapan dengan HUT.

“Kita harus meninggalkan ego sektoral agar kita semua saling bahu-membahu untuk membangun daerah,” kata NA di Halaman Kantor Bupati Pinrang, Rabu (19/2/2020).

NA menerangkan, sejak tahun 2019 bantuan keuangan untuk daerah bawahan sebesar Rp300 miliar, 2020 melonjak tinggi hingga Rp500 miliar. Dikatakan, anggaran tersebut merupakan dukungan Pemprov.

Baca Juga :  Warga Makassar Digegerkan Penemuan Bayi Baru Dilahirkan

“Tadi kita saksikan penyerahan bantuan untuk Pinrang sebanyak Rp63,1 miliar. Dengan anggaran tahun ini banyak yang bisa kita lakukan, termasuk bagaimana kita bangun jalan sampai ke daerah-daerah,” pungkasnya.

. Andi Khaerul