Direktur RSUD Haji Haris Nawawi.

BERITA.NEWS, Makassar – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji membuat terobosan baru. Pertama kali di Sulsel, ruah sakit ini melayani pasien gangguan pernafasan melalui tindakan bronkoskopi.

Bronkoskopi adalah tindakan medis yang bertujuan untuk melakukan visualisasi trakea dan bronkus, melalui bronkoskop, yang berfungsi dalam prosedur diagnostik dan terapi penyakit paru.

Direktur RSUD Rumah Sakit Haji, Haris Nawawi menjelaskan layanan kesehatan yang dihadirkan ini merupakan sesuatu yang baru dan belum ada di rumah sakit milik Pemprov Sulsel lainnya.

“Ada beberapa item penambahan pelayanan yang kami hadirkan di Rumah Sakit Haji, salah satunya adalah bronkoskopi ini,” kata Haris, Selasa (11/2/2020).

Sementara itu, dokter ahli paru RSUD Haji, dr Harry Akza Putrawan Sp.P mengatakan pelayanan kesehatan bronkoskopi ini digunakan untuk mendeteksi kelainan yang terjadi di saluran napas. Misalnya, kalau ada pasien yang menderita tumor di paru-paru.

“Untuk mengetahui tumor tersebut jenis apa, jinak atau ganas, kita lakukan bronkoskopi. Dari hasil pemeriksaan nanti, bisa kita berikan tindakan atau terapi seperti apa,” sebutnya.

Lebih jauh, Harry menjelaskan layanan bronkoskopi juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan benda yang masuk ke saluran pernapasan. Misalnya jarum pentul dan biji-bijian. Saat ini, sudah ada 10 pasien sudah terdata.

“Jadi kalau ada benda yang masuk ke saluran pernapasan, seperti jarum pentul dan sebagainya, bisa dilakukan tindakan dengan bronkoskopi,” pungkasnya.

. Andi Khaerul

loading...
loading...