Plt Kadisdik Sulsel Basri.

BERITA.NEWS, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Sulsel Basri mengaku akan ada proses khusus untuk pengangkatan kepala SMA/SMK se-Sulsel.

Basri mengatakan salah satu yang akan jadi indikator penilaian pengangkatan Kepsek kedepan, melihat persentase kelulusan alumni SMA/SMK masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan terserap dunia industri.

“Kita ingin bangun kerjasama dengan PTN ternama, seperti ITB, UI. Ini akan jadi bagian dari proses perekrutan kepala sekolah, siswanya yang lulus masuk ke PTN,” ucapnya, Senin (10/2/2020).

Kabid Pembinaan Pendidikan Khusus atau Pelayanan Khusus Bahasa dan Sastra itu mengatakan semakin banyak alumni yang masuk ke PTN akan jadi hitungan tiap sekolah.

“Mereka harus punya inovasi. SMK misalnya harus ada kerjasama dengan dunia industri. Kalau nda ada masuk berarti mereka gagal itu,” tegasnya.

Diketahui, berdasarkan data Disdik Sulsel jumlah siswa-siswa yang akan ikuti UNBK kabupaten/kota se-Sulsel, SMA 73.895, MA 19.372 dan SMK 40.117. Total data keseluruhan 133.384 orang.

. Andi Khaerul