China Terobos Natuna Bikin Netizen Kangen Bu Susi, Begini Komentar Mereka

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berada di laut lepas. (Dok Instagram pribadi)

BERITA.NEWS, Jakarta – Masuknya kapal ikan asing di perairan Natuna bikin geram netizen Tanah Air. Mereka pun jadi kangen Bu Susi, kenapa?

Sosok Susi Pudjiastuti kala menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja dikenal akan ketegasannya dalam menjaga kedaulatan laut NKRI. Dia tidak segan-segan menenggelamkan kapal-kapal yang menerobos perairan Indonesia untuk mencuri ikan.

Namun kebijakan tersebut tidak dilanjutkan di Kabinet Indonesia Maju. Dan makin membuat kesal netizen kala puluhan kapal asing dengan kawalan kapal Coast Guard China masuk ke perairan Natuna.

“Seenggaknya pasang badan. Kita negara berdaulat. Masa takut? Liat statement dari Bu Susi kan? Maling ya Maling. Ditangkap, diproses, diadili. Tenggelamkan. Ngaku2 teritorial mereka itu udah nyalahin perundang2an Internasional loh,” tulis akun @darumartbun.

“Bu susi aja bisa tanpa perang tenggelamkan kapal tukang nyolong,kok sekarang jadi sulit ya?
Kenapa terkesan pemerintah indonesia jadi lembek & lambat kayak siput,” protes akun @eman_suganda.

“Penenggelaman kapal dijaman Bu Susi adalah yg paling tepat utk menunjukan ketegasan kita..kl skrg kita negara maritim tp tanpa ketegasan…dan masak negara koq ngasih kapal bekas maling kepada nelayan bangsa sendiri,” tulis akun @Yanuar9973981.

Dilansir dari Detikcom, saking banyaknya netizen yang kanget, membuat Bu Susi masuk daftar trending topic Twitter Indonesia.

Atas masuknya Coast Guard China, pemerintah Indonesia sudah melayangkan protes pelanggaran batas wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) RI di Laut Natuna. Pemerintah Indonesia-pun telah meningkatkan intensitas patroli di wilayah tersebut.

Comment