HUT Ke-95, PDAM Makassar Optimalkan Akses Air Bersih

Dirut PDAM Makassar, Haris Yasin Limpo (kanan) dan Wakil Ketua Panitia perayaan HUT PDAM Ke-95, Idris Tahir (kiri) saat melakukan konferensi pers di Cafe Iconic, Jl Amanagappa Makassar, Sulsel, Rabu (7/8/2019). (BERITA.NEWS/Ratih Sardianti Rosi).
Dirut PDAM Makassar, Haris Yasin Limpo (kanan) dan Wakil Ketua Panitia perayaan HUT PDAM Ke-95, Idris Tahir (kiri) saat melakukan konferensi pers di Cafe Iconic, Jl Amanagappa Makassar, Sulsel, Rabu (7/8/2019). (BERITA.NEWS/Ratih Sardianti Rosi).

BERITA.NEWS, Makassar – Manajemen Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Makassar menggelar konferensi pers Hari Ulang Tahun (HUT) ke-95 di Cafe Iconic, Jl Amanagappa Makassar, Sulsel, Rabu (7/8/2019).

PDAM Makassar bakal merayakan HUT dengan mengangkat tema “akses air bersih yang berkelanjutan” dengan menghadirkan Dirut PDAM Makassar, Haris Yasin Limpo.

“Kita mengangkat tema ini karena dalam rangka memberikan pelayanan yang terus menerus kepada masyarakat untuk memberikan akses air perpipaan kepada masyarakat,” ucap Haris.

Berkaitan dengan itu, di ulang tahun ke-95 ini, PDAM akan meresmikan beberapa proyek-proyek yang akan dilaksanakan pada tahun ini dan akan melakukan pencanangan proyek yang dimulai pada tahun ini yang bisa berakhir pada tahun berikutnya.

“Salah satu yang paling besar proyek investasi kerjasama dengan pihak lain itu adalah pembangunan spam Tallo Kenapa ini penting bagi PDAM untuk menyampaikan karena spam Tallo ini untuk mengurangi keluhan masyarakat yang ada di utara dan timur kota kalau ini dibangun berarti layanan kita di kecamatan biringkanaya dan Tamalanrea itu bisa kita maksimalkan dan untuk Utara Kota itu kita bisa alihkan air ke sana sehingga pelayanan juga bisa hingga 24 jam ke daerah tersebut,” bebernya.

Baca Juga :  Jaga Keluarga dari Virus Covid-19, Al Amin Rela 2 Kali Lebaran Tidak Pulang Kampung

Haris mengakui, total anggaran dari proyek Spam Tallo cukup besar hingga mencapai ratusan milyar. 

“Anggarannya besar itu karena ada dua yang pertama sistem pengolahan air bersihnya yang kedua akan dibangun bendungan di sana karena di situ kan rawan intrusi air asin sehingga kita tidak mau Kejadian ini terulang seperti yang ada di Maccini sombala ketika bocor itu tambul kita tidak bisa beroperasi karena air asin masuk jadi dia menggunakan teknologi yang canggih sekarang ketika air asin mulai naik dia akan pelan-pelan bendungan itu akan naik dengan sendirinya jadi sesuai dengan tinggi air asin jadi ini teknologinya seperti itu,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia perayaan HUT PDAM Ke-95, Idris Tahir mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk motivasi PDAM Makassar dan sebagai bahan evaluasi untuk kinerjanya di tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi perayaan HUT PDAM memang tiap tahun kita rayakan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang akan kami lakukan,” ungkapnya.

Adapun kegiatan PDAM Kota Makassar sebagai rangkain dari HUT PDAM, yaitu zikir dan doa bersama 100 anak panti di lima Panti Asuhan, bakti sosial di salah satu masjid tahfidz Quran di daerah moncongloe Maros, kerja bakti di pintu air Bendungan Leko pancing Karena sebelumnya banjir bandang pintu air PDAM dipenuhi oleh pohon-pohon besar yang tumbang, oleh karena itu, sekitar 50 orang pihak dari PDAM bermalam disana dan melakukan kemah bakti sekaligus membersihkan sampah-sampah yang ada, bakti sosial donor darah yang menjadi agenda rutin setiap 3 bulan.

Baca Juga :  Kapolrestabes Makassar Dampingi Kapolda Pantau Keamanan Perayaan di Gereja

Tidak hanya itu, HUT PDAM ke-95 ini juga menghelar sepeda santai atau fun bike yang rencananya laksanakan di tanggal 1 September 2019 pada hari Minggu yang akan datang dengan titik Star-finishnya di Lapangan Karebosi . Fun Bike ini juga menghadirkan komunitas-komunitas sepeda dan beberapa masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi sebagai peserta Fun Bike dalam rangkain HUT PDAM Ke-95.

  • Ratih Sardianti Rosi