Orientasi Pendalaman Tugas Anggota DPRD Bulukumba Berakhir, Bupati Andi Utta: Selamat dan Sukses

BERITA.NEWS, BULUKUMBA – Orientasi dan pendalaman tugas 40 anggota DPRD Bulukumba resmi berakhir.

Orientasi pendalaman tugas anggota DPRD Bulukumba ini berlangsung dari tanggal 10 – 14 September 2024.

Orientasi ini digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, bertempat di Hotel Aston Convention Makassar.

Kasubag Humas DPRD Bulukumba, Kamaruddin mengungkapkan orientasi tersebut bertujuan untuk membekali para anggota dewan tugas dan fungsi serta hak sebagai wakil rakyat.

“Anggota DPRD Bulukumba dibekali ilmu tentang wawasan kebangsaan, mekanisme pemerintahan daerah, hingga etika dalam pelaksanaan tugas,” kata Om Chilo sapaan Kasubag Humas.

Para narasumber juga lanjut Om Chilo memaparkan materi dalam orientasi tersenut terkait Kode Etik DPRD, hak dan kewajiban anggota DPRD, serta pelaksanaan penegakan hukum.

Usai gelaran orientasi tersebut lanjut Kasubag Humas, diharapkan dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

“Semoga kinerja anggota DPRD Bulukumba dapat meningkat secara kelembagaan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf yang menutup rangkaian kegiatan orientasi tersebut terlebih dahulu mengucapkan selamat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba, saya mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Orientasi ini, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman saudaraku para anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsi DPRD ke depan,” ucapnya.

Andi Utta sapaan Bupati juga didaulat sebagai narasumber dalam forum orientasi pendalaman tugas anggota DPRD Bulukumba.

Andi Utta memaparkan tentang kondisi Bulukumba saat ini serta berbagi pengalaman tentang isu-isu aktual dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Isu strategis Kabupaten Bulukumba adalah mendorong kontribusi sektor pertanian, perikanan, perindustrian dan pariwisata dalam membangkitkan perekonomian daerah.

“Untuk memperbaiki ekonomi Bulukumba, kita harus memperbaiki dari aspek Hulunya,” kata Andi Utta.

Untuk meningkatkan ekonomi Bulukumba lanjut Bupati Andi Utta harus mendorong produktifitas di 4 sektor, yaitu Pertanian, Perikanan, Industri dan Pariwisata.

“Saudaraku yang saya hormati
Tiga tahun lebih mengemban amanah menjadi Bupati Bulukumba, tentu telah memberikan gambaran seperti apa kondisi Bulukumba dan apa yang harus kita lakukan,” pungkasnya.

Comment