Petugas Gabungan Temukan Barang Ini Saat Geledah Kamar WBP Lapas Bulukumba

lapas-bulukumba

Petugas Gabungan Geledah Kamar Hunian Warga Binaan Lapas Bulukumba. (Dok. Ist)

BERITA.NEWS, BULUKUMBA – Petugas gabungan melakukan penggeledahan blok hunian warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulukumba.

Petugas gabungan itu terdiri  dari pegawai Lapas, unsur TNI Polres yakni personel SubdenPOM, Polres Bulukumba, dan Kodim 1411/ Bulukumba.

Kepala Lapas Bulukumba, Mut Zaini membenarkan perihal penggeledahan blok hunian warga binaan pemasyarakatan itu.

“Iya blok hunian WBP kami geledah bersama tim gabungan TNI-Polri pada Selasa malam (27/8/2024), kata Mut Zaini, Rabu (28/8/2024).

Mut Zaini mengungkapkan bahwa ia sendiri memimpin penggeledahan tersebut, kemudian dari Polres Bulukumba dipimpin Kasat Sabhara AKP Baharuddin.

Dari Kodim 1411/ Bulukumba dipimpin oleh Peltu Bahtiar dan SubdenPOM dipimpin oleh Letnan Dua Sirajuddin.

“9 orang personel dari Polres Bulukumba, 3 orang dari SubdenPOM, 7 orang dari Kodim 1411 Bulukumba, dan 35 orang Pegawai Lapas Bulukumba,” bebernya.

Mut Zaini menjelaskan, penggeledahan ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada barang-barang terlarang yang berbahaya dan terlarang di dalam Lapas Bulukumba.

Seperti menurutnya handphone WBP, narkoba, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya.

Selain itu, penertiban kamar juga dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keteraturan lingkungan blok dan kamar hunian.

“Jadi sebelum penggeledahan kami lakukan terlebih dahulu pemeriksaan badan warga binaan satu per satu, dilanjutkan dengan penggeledahan barang-barang yang berada di dalam kamar hunian,” jelasnya.

Dari hasil penggeledahan tersebut, kata Mut Zaini, petugas menemukan beberapa barang yang tidak diperbolehkan, antara lain 6 buah sendok besi, 1 buah kipas portable, 3 batang besi.

Kemudian 2 buah cutter, 4 buah silet, 2 buah buku etnoreligius Yahudi, 2 roll tali pengukur/ penimbang bahan bangunan 1 buah gelas kaca, 2 buah piring kaca, dan 2 buah cermin.

Mut Zaini mengimbau kepada seluruh warga binaan untuk tetap mematuhi aturan yang yg berlaku, dengan tidak menggunakan barang-barang terlarang di dalam blok hunian.

“Penting juga haru tetap menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan tempat tinggal mereka WBP,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Bulukumba, AKP Baharuddin yang turut serta dalam kegiatan ini mengapresiasi kerja sama yang baik dengan Lapas Bulukumba.

“Sinergitas antara Lapas, TNI, dan Polri sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas. Kami berkomitmen untuk terus mendukung segala upaya yang dilakukan oleh Lapas Bulukumba,” ujarnya.

 

Penulis: Syarif

Comment