Diinisiasi Pj Gubernur Bahtiar, Warga Gowa Komitmen Budidaya Pisang Cavendish

BERITA.NEWS, Gowa – Kepala Desa Majannang, Supardy Lantara mengaku sangat bersyukur bisa menanam pisang cavendish yang merupakan tanaman bernilai ekonomi tinggi baik di pasar lokal maupun mancanegara.

Kades Majannang dan seluruh unsur pemerintah Desa Majannang serta masyarakat betul-betul bersemangat memulai menanam pisang cavendish memanfaatkan lahan tak produktif di desa mereka.

Desa Majannang sendiri masuk dalam wilayah Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa yang memiliki iklim baik untuk budidaya tanaman hortikultura seperti pisang cavendish.

“Kami di sini bersama masyarakat dengan unsur pemerintah Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa hari ini kita melakukan penanaman percontohan pisang cavendish,” ungkap Supardy Lantara kepada awak media, Senin, 8 Juli 2024.

Apa yang dirinya lakukan saat ini merupakan semangat memperkuat ketahanan pangan di Provinsi Sulsel khususnya di Kabupaten Gowa. Selain itu, ini juga merupakan upaya peningkatan ekonomi masyarakat Desa Majannang secara jangka panjang.

“Kami beserta unsur pemerintah Desa Majannang bahwa semasa menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulsel bapak Dr. Bahtiar Baharuddin kami bermohon untuk pembibitan, dan alhamdulillah hari ini beliau sebagai Pj Gubernur pada saat itu memberikan kepada masyarakat desa Majannang bibit pisang cavendish,” tutur Supardy Lantara.

Untuk itu Supardy Lantara bersama seluruh unsur pemerintah Desa dan masyarakat setempat menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Dr. Bahtiar Baharuddin sudah menjadi inisiator budidaya pisang cavendish di Sulsel dan Sulbar.

“Hari ini bersama-sama seluruh masyarakat untuk melakukan penanaman. Oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya,” lanjut Supardy Lantara.

Lebih jauh Supardy Lantara berharap Dr. Bahtiar Baharuddin bisa hadir langsung di Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa untuk melihat langsung budidaya pisang cavendish yang di galakkan masyarakat setempat.

“Kami berharap dikemudian hari bapak bisa datang di tempat kami. Kami sangat berharap meninjau tempat kami di lokasi desa Majannang ini. Terima kasih yang sebanyak-banyaknya, terima kasih sebesar-besarnya,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu personil satuan PJR Ditlantas Polda Sulsel, Aipda Rahmad S.Psi., mengaku, budidaya pisang cavendish ini merupakan salah satu langkah tepat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Majannang, Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa.

“Kami berharap ini akan menjadi potensi ekonomi yang betul-betul menguntungkan masyarakat,” kata Pengawal Gubernur Provinsi Sulsel itu.

Dirinya optimistik, budidaya pisang cavendish memiliki potensi ekonomi. Pasalnya, tanaman hortikultura satu ini memang sudah melakukan tanda tangan kontrak dengan berbagai negara, termasuk Arab Saudi sebagai negara yang siap membeli hasil panen pisang cavendish tersebut.

“Ini pisang cavendish sudah memiliki kepastian pasar, baik pasar lokal maupun pasar mancanegara,” tutup anggota polri satu anak itu.

Sebelumnya, Aipda Rahmad sudah melakukan penanaman di Desa Panakkukang, Kecamatan Pallangga Gowa, bersama Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin disaat itu.

 

Comment