Mantan Ketua Bawaslu RI Minta Jajaran Panwas di Bulukumba Jaga Integritas

Evaluasi Pengawas Adhoc untuk Pemilihan yang Berintegritas dan Berkualitas. (Dok. Ist)

BERITA.NEWS, Bulukumba – Prof Muhammad minta jajaran Panwas Kecamatan di Kabupaten Bulukumba untuk terus menjaga integritas.

Hal tersebut disampaikan saat membawakan materi pada evaluasi pengawas Adhoc untuk Pemilihan yang berintegritas dan berkualitas, Minggu (7/7/2024).

Menurut Muhammad, integritas menjadi kunci dan modal utama bagi penyelenggara pemilu, karena dengan integritas, Pilkada 2024 dapat berlangsung berkualitas.

“Integritas itu sesuatu yang harus dijaga, karena dengan menjaga integritas kita bisa terselamatkan,” kata Muhammad kepada puluhan penyelenggara pemilu.

Muhammad menyebut bahwa penyelenggara adalah wasit pada Pilkada, olehnya itu seorang wasit harus jujur, bekerja secara fair dan adil.

“Kalau itu semua dilakukan penyelenggara, maka hasil Pilkada akan diterima oleh kontestan,” ujar pria yang menjadi Ketua Bawaslu RI periode 2012-2017 ini.

Pria yang juga pernah menjabat Ketua DKPP Periode 2020-2022 ini juga menjelaskan jika integritas dalam konteks penyelenggaraan tentu mengacu pada kualitas moral dan etika yang diperlukan untuk menjalankan proses pemilihan yang adil, transparan, dan jujur.

“Integritas ini menjadi modal dalam tindakan yang akan menjaga kepercayaan masyarakat dalam proses pemilihan dan memastikan bahwa pemilihan berlangsung tanpa kecurangan atau manipulasi,” urainya.

Selain integritas, katanya, penyelenggara juga harus menguasai regulasi, dan menjaga kode etik penyelenggara.

Menurutnya, karena itu semua adalah seperangkat pedoman dan prinsip-prinsip yang harus diikuti oleh individu atau badan yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilu.

“Jika itu dilakukan maka penyelenggara ini kita bisa pastikan menjalankan tugasnya dengan prinsip integritas, keadilan, dan transparansi,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Bulukumba Bakri Abubakar meminta jajaran untuk terus meninggikan integritas dan profesionalitas.

“Teman-teman harus bekerja sesuai ketentuan, karena ditangan kitalah semua kualitas Pilkada ditentukan,” tegasnya.

 

Penulis: Syarif

Comment