Budi Hastuti Gelar Sosialisasi Perda Tentang Pengelolaan Sampah


MAKASSAR
, BERITA.NEWS
– Anggota DPRD  Kota Makassar, Budi Hastuti berharap warga bisa mengelola sampah untuk menjaga lingkungan sekitar.

Demikian disampaikannya saat Sosialisasi Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah, di Hotel Favor, Jl Lasinrang, Sabtu (15/6/2024).

Ia mengatakan pengelolaan sampah penting dilakukan mulai dari rumah tangga. Sebab kebanyakan sampah yang ada di TPA berasal dari rumah tangga.

“Bayangkan saja banyak rumah itu pasti banyak sampahnya, apalagi kalau langsung dibuang saja pasti itu makin menumpuk,” ujarnya.

Ia menilai warga mesti mulai cerdas dalam memilah dan sebisa mungkin mendaur ulang sampah yang bisa kembali dimanfaatkan. Dengan begitu, sampah bisa direduksi.

“Kalau sampah bisa dikurangi itu lebih baik. Kita juga bisa bantu pemerintah,” tukasnya.

Sementara itu, narasumber sosialisasi, Puspito Hargono sependapat bahwa sampah bisa dimanfaatkan kembali. Daur ulang, menurutnya, dapat membuat sampai menjadi barang bernilai.

“Sudah banyak orang yang bisa mendaur ulang, sampahnya bisa jadi bingkai dari sampah koran, dan banyak lagi,” jelasnya.

Ia juga meminta warga untuk memahami dengan baik terkait perda pengelolaan sampah tersebut. Sehingga tahu dampak dan cara pengelolaan sampah yang baik.

“Makanya ibu (Budi Hastuti) mensosialisasikan Perda ini supaya kita paham semuanya,” kata Puspito.

Terakhir, narasumber lainnya, Muh Faisal juga berharap warga bisa mengelola sampah dengan baik. Ia melihat sampah menjadi salah satu masalah yang darurat di  Makassar.

“Kalau kita lihat TPA di Tamangapa itu, tiap hari sampah masuk dan semakin menumpuk. Kalau lewat sana, pasti bau sekali,” ucapnya.

“Olehnya, saya harap bisa paham caranya mengelola sampah. Seperti yang disampaikan ibu, kita harus bisa memilah dan mendaur ulang sampah,” tukas Muh Faisal. (*)

 

Comment