Kampung KB Nusa Indah Tallo Masuk Enam Besar Tingkat Nasional

MAKASSAR, BERITA.NEWS– Pj Sekda  Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut langsung tim verifikasi kampung KB Berkualitas. Tim tersebut dipimpin oleh Penyuluh KB Ahli Utama sekaligus Ketua Tim Verifikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Eli Kusnaeli, di Kampung KB Nusa Indah, Kecamatan Tallo, Kamis 30 Mei 2024.

Kampung KB Nusa Indah mewakili Provinsi Sulsel dan berhasil masuk enam besar di tingkat nasional setelah melewati beberapa seleksi dan bersaing dengan 164 ribu kampung KB di seluruh Indonesia.

Meskipun ini adalah kali pertama Kampung KB Nusa Indah Kecamatan Tallo mengikuti lomba Kampung KB Berkualitas, mereka memiliki beberapa program inovasi unggulan, seperti “Assama Turu” yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting dan program “Dasawisma Bergerak.”

Program-program inovatif ini berhasil merangkul berbagai lapisan masyarakat, termasuk pihak swasta dan organisasi kelompok lainnya. Firman Pagarra menyampaikan bahwa kehadiran tim verifikasi pusat bertujuan untuk melihat langsung bagaimana program-program tersebut berjalan.

Kampung KB Nusa Indah juga memperkenalkan peran Lorong Wisata yang berdampak baik pada warga lorong dan membantu keberhasilan kampung KB. Lorong Wisata memiliki banyak kegiatan di dalamnya.

Firman berharap kehadiran tim verifikasi di  Kota Makassar dapat membawa kota ini meraih juara satu pada peringatan Hari KB Nasional di Semarang nanti. Dengan semangat, Firman mengakhiri sambutannya dengan pantun: “Jalan-jalan ke pasar beli sepatu, semoga  Makassar raih juara satu.”

Penyuluh KB Ahli Utama sekaligus Ketua Tim Verifikasi BKKBN Pusat, Eli Kusnaeli, mengungkapkan bahwa tujuan kedatangannya di  Kota Makassar adalah untuk mencari informasi lebih lanjut tentang kampung KB di Nusa Indah Tallo. Informasi ini akan dijadikan inspirasi bagi 164 ribu kampung KB yang ada di Indonesia.

“Saya hadir disini karena saya membutuhkan informasi yang lebih banyak. Bisa jadi program di sini bisa menginspirasi 164 kampung KB yang lainnya. Dan kalau ada pertanyaan wartawan nantinya kenapa Kampung KB Nusa Indah  Makassar yang juara pasti saya harus jawab sesuai fakta dilapangan, contohnya seperti itu,” sebut Eli.

Ia pun meminta kepasa seluruh unsur terkait agar selama verifikasi ini pihak Kampung KB dapat memberikan informasi yang mendukung dan terarah sehingga dapat menjadi acuan penentuan juara nantinya.

“Pengumuman juara nanti pada tanggal 29 Juni 2024 rencana dihadiri presiden RI, Joko Widodo di Semarang. Kita berharap yang terbaik. Siapapun juaranya semoga bisa menginspirasi kampung KB lainnya,” pungkas Eli. (*)

Comment