Pemkab Bulukumba Beberkan Sebab Jalan Rusak Poros Rilau Ale – Kindang Belum Diaspal

jalan-rusak

Warga tanam pisang di Poros Parukku sebagai bentuk protes jalan tidak diperbaiki. (Foto: Ist)

BERITA.NEWS, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba membeberkan alasan jalan antar kecamatan Poros Rilau Ale – Kindang belum diaspal.

Akses jalan antar kecamatan tersebut diperkirakan mengalami kerusakan sepanjang 21 kilometer.

Akses jalan itu melewati beberapa desa. Diantaranya Desa Bulolohe, Anrang, Tamaona dan Kindang.

Hal itu diungkapkan oleh warga setempat saat melakukan aksi demonstrasi sebagai bentuk protes terhadap pemerintah daerah.

Warga melakukan aksi protes dengan menutup akses jalan tersebut pada Rabu 17 April 2024 kemarin.

Mereka desak Pemkab Bulukumba agar jalanan mereka segera diaspal, sebab menurutnya sudah lama masyarakat menderita dengan jalan rusak.

“Selalu diusulkan pada Musrenbang tapi tidak ada realisasi. Jalan ini sudah mengalami kerusakan 10 tahun lalu sampai sekarang,” ungkap Koordinator Aksi, Ilham Kadir.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Jalan dan Jembatan PU Pemkab Bulukumba, Muh Sain menjelaskan bahwa jalan tersebut tetap menjadi prioritas.

“Penting kami jelaskan bahwa jalan ini tetap jadi prioritas yang sampai saat ini tidak dipindahkan titiknya,” katanya, Kamis (18/4/2024).

Jalan tersebut menunggu dana inpres dari pusat. Sebab jalan tersebut tidak dibangun dengan menggunakan sumber dana DAU dan DAK.

Diketahui, Tahun 2023 lalu, Pemkab Bulukumba mengaspal puluhan kilometer jalan rusak.

Sebelumnya, Humas Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah menyampaikan bahwa semua jalan kabupaten yang rusak di daerah itu manjadi prioritas.

Hanya saja setiap tahun anggaran jalan terbatas, sehingga pembangunan jalan aspal harus bertahap.

 

Penulis: Syarif

Comment