Dekan FTI UMI: Tak Ada Perpisahan Lebih Mengharukan selain Pisah dari Bulan Ramadhan

BERITA.NEWS, Makassar -Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Ptof. Dr. Ir. Lamatinulu, S.T., M.T., IPM., ASEANEng, didaulat menjadi khatib pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Umar bin Khattab UMI, Jalan urip Sumohardjo, Makassar, Rabu (10/4/2024).

Pada pelaksanaan shalat idul Fitri yang diikuti oleh keluarga besar UMI dan warga sekitar itu, Dekan FTI UMI Prof. Dr. Ir. Lamatinulu, S.T., M.T., IPM., ASEANEng, mengupas tema Kebersihan Hati atau Qalbun Salim.

Kebersihan hati, kata Prof Lamatinulu, tercermin dari rasa haru bersedih karena telah berpisah dari Bulan Suci Ramadhan, bulan yang penuh ampunan.

“Bagi orang yang beriman tidak ada perpisahan yang lebih mengharukan daripada perpisahan dengan bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah, penuh ampunan dan pembebasan dari api neraka,” ungkapnya.

Madrasah Ramadhan, disebutkan Profesor FTI UMI itu, dapat mengantarkan manusia menuju titik fitrah yang bersih dan suci yaitu manusia yang memiliki kebersihan hati (Qalbun Salim) yang saling mencintai dan menyayangi karena Allah.

“Saling memperbaiki menuju keimanan sejati, saling membantu dalam kebaikan bukan saling membantu dalam dosa dan kemungkaran. Semoga Allah maha melihat dapat menggolongkan kita menjadi manusia yang memilki Qalbun Salim (Hati Bersih),” bebernya.

Dari Ramadhan itu juga, Lamatinulu mengajak untuk setiap orang senantiasa berlomba-lomba menuju ketaqwaan yang utuh.

“Marilah kita senantiasa memperbaiki qalbu kita masing-masing untuk meraih ketaqwaan, karena sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menilai hambaNya dari penampilan fisik dan hartanya tetapi yang dilihat tidak lain adalah qalbu dan amalannya,” tutupnya.

Pejabat UMI yang terpantau hadir dalam pelaksaan Shalat Idul Fitri kali ini antara lain, Ketua Yayasan Wakaf (YW) UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar MA, dan beberapa pejabat tras YW UMI, Rektor UMI Prof. Dr. H Sufirman Rahman, SH, Mh, dan jajaran wakil rektor serta pejabat penting UMI lainnya.

Comment