Mudahkan Pembayaran Pajak Non Tunai, Bapenda Sinjai Terima Bantuan Mesin EDC dari Bank Sulselbar

BERITA.NEWS, Sinjai – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sinjai menerima bantuan berupa 3 unit mesin EDC (Electronic Data Capture) dari Bank Sulselbar Cabang Sinjai.

Mesin ini dapat dipergunakan sebagai alternatif pilihan untuk pembayaran pajak secara non tunai dengan menggunakan kartu debit.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan pihak Bank Sulselbar Sinjai yang diterima langsung oleh Kepala Bapenda Sinjai, Asdar Amal Dharmawan di kantor Bapenda, Kamis (4/4/2024).

Dalam keterangannya, Asdar menjelaskan bahwa hadirnya mesin EDC menjadi pilihan baru bagi para wajib pajak untuk membayarkan pajaknya cukup dengan menggunakan kartu debit yang dikeluarkan oleh semua jenis perbankan.

Pada saat dilakukan pendebitan melalui mesin EDC, saldo dari kartu debit secara otomatis akan berpindah ke rekening kas umum daerah.

“Ini menjadi pilihan baru untuk wajib pajak dalam transaksi non tunai dengan menggunakan kartu debit Jadi, wajib pajak sudah bisa memilih, mau menggunakan scan QRIS, mobile banking, atau menggunakan kartu debit,” jelasnya.

Hadirnya mesin EDC sebagai pilihan baru untuk transaksi non tunai menjadi satu kesyukuran tersendiri bagi Asdar.

Sebab menurutnya, mesin ini mampu menjawab tantangan yang diberikan kepada Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Sinjai untuk menambah jenis atau variasi pilihan pembayaran non tunai sebagai bagian dari peningkatan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

Selain itu, juga menjadi solusi yang menjadi program prioritas Pj Bupati Sinjai dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Ini juga menjadi bagian dari pemenuhan roadmap kita di Kabupaten Sinjai dari TP2DD yang mendorong kita untuk semakin menambah jenis atau variasi pembayaran non tunai, dan juga untuk pemenuhan program prioritas bapak Pj Bupati yaitu SPBE ini,” tutupnya. (Adv)

Comment