Bank Indonesia Perkirakan Ekonomi Sulsel 2024 Bisa Tumbuh 4,5% – 5,3 %

Desain ponsel lipat Xiaomi yang melipat secara horizontal. (ANTARA/Shot Bytes)

BERITA.NEWS,Makassar- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel memperkirakan perekonomian Sulsel akan melejit di angka rentan 4,5% sampai 5,3 % (yoy).

Perekonomian Sulsel pada 2023 lalu tercatat 4,51% (yoy). BI percaya akan ada peningkatan realisasi pertumbuhan ekonomi jika membandingkan perkiraan 2024.

Kepala BI Sulsel Rizk Ernardi Wimanta mengatakan pemulihan sektor pertanian pasca El Nino serta berbagai dukungan program Pemerintah seperti Program Mandiri Benih diperkirakan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian Sulsel.

Selain itu, peningkatan mobilitas masyarakat dan peningkatan aktivitas usaha juga diperkirakan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

“Pada 2024, tekanan inflasi diprakirakan akan terjaga di rentang sasaran 2,5±1% (yoy) seiring dengan perbaikan produksi pangan di tengah cuaca yang berangsur kondusif,”ujarnya.

Meski demikian, penambahan Kabupaten Luwu Timur, Wajo, dan Sidrap dalam penghitungan IHK Sulsel perlu menjadi

perhatian seluruh pemangku kepentingan, mengingat ketiga daerah tersebut masih mengalami defisit pada beberapa neraca komoditas pangan strategis.

Comment