Musrenbang di Kecamatan Sinjai Tengah, Sekda Beberkan Program Prioritas Pemkab

musrenbang

Musrenbang di Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai. (Foto: Ist/ Humas Kominfo)

BERITA.NEWS, Sinjai – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 kembali digelar.

Musrenbang tersebut digelar Pemkab Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), di Kecamatan Sinjai Tengah, Jumat (1/3/2024)

Wilayah kecamatan Sinjai Tengah, merupakan kecamatan keempat yang dikunjungi tim Musrembang Kabupaten.

Dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa, Musrembang berlangsung di aula Kantor Kelurahan Samaenre.

Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menegaskan pemerintah daerah senantiasa berkomitmen melaksanakan program prioritas dan program unggulan.

Kedua program itu tertuang dalam RPD Kabupaten Sinjai dan renstra perangkat daerah tahun 2024-2026 yang telah ditetapkan.

“Kegiatan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan tetap mengacu pada rencana Program dalam rancangan RKPD 2025 yang merupakan RKPD tahun kedua dalam periode pelaksanaan RPD Kabupaten Sinjai,” ujarnya mewakili Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah.

Pada kesempatan itu, Andi Jefrianto membeberkan fokus penyusunan RKPD 2025 akan berfokus pada peningkatan tata kelola penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel dan inovatif. Kemudian meningkatkan sumber daya manusia.

Fokus penyusunan RKPD 2025 selanjutnya adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan merata, meningkatkan produktivitas dan nilai tambah produk unggulan daerah melalui pengembangan wilayah dan hilirisasi.

Termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkualitas dan merata, serta pembangunan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan untuk tetap memberikan dukungan program pada bidang keagamaan.

Untuk itu, kata Andi Jefrianto, masukkan dan semua unsur masyarakat diharapkan sehingga musyawarah perencanaan pembangunan yang dilaksanakan ditingkatkan kecamatan ini menjadi lebih bermakna.

“Karena Musrembang merupakan media utama konsultasi publik bagi setiap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan desa, kelurahan dan kecamatan dengan prioritas dan sasaran pembangunan yang lebih berkualitas,” harapnya.

Musrembang RKPD tahun 2025 tingkat Kecamatan Sinjai Tengah turut dihadiri anggota DPRD Sinjai Dapil IV, diantaranya Fachriandi Matoa, Ambo Tuwo, dan Zainal Abidin Hasnur.

Turut hadir para kepala OPD, Camat Sinjai Tengah, kepala Desa/lurah serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat setempat. (Adv)

Comment