Pemkab Gowa Belajar Pengelolaan Sampah di Kota Denpasar

BERITA.NEWS, Gowa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berkomitmen untuk menangani masalah persampahan yang ada di Kabupaten Gowa. Salah satu cara yang dilakukan yakni melakukan studi tiru di Kota Denpasar, Bali, Rabu (9/8) kemarin.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku sampah merupakan salah satu persoalan yang terjadi di Indonesia termasuk di Kabupaten Gowa, sehingga pihaknya terus melakukan berbagai cara agar hal tersebut bisa segera tertangani dengan baik.

“Salah satu persoalan kita adalah persoalan sampah. Kabupaten Gowa sebagai daerah penyanggah tentu juga merasakan hal serupa, sehingga kami terus mengupayakan yang terbaik dalam upaya pengelolaan dan pengolahan sampah yang dimulai dengan bertemu Walikota Denpasar dan jajarannya untuk mendengar sekaligus studi tiru terkait pengolahan sampah di Kota Denpasar,” ungkap Adnan.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Gowa itu juga langsung melakukan kunjungan lapangan dengan meninjau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar untuk mengetahui lebih jelas proses pengolahan sampah yang bisa didaur ulang.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis mengatakan pihaknya memilih Kota Denpasar sebagai lokus studi tiru karena wilayah tersebut memiliki TPST yang sudah diakui, bahkan diresmikan langsung oleh Presiden RI beberapa waktu lalu.

“Kita ingin melihat bagaimana penanganan sampah melalui TPST ini, apalagi TPST Denpasar merupakan salah satu yang modern dengan alat-alat yang serba canggih dan diharapkan di Kabupaten Gowa nantinya juga ada yang seperti ini agar sampah-sampah yang ada bisa terdaur ulang dan bisa dilakukan penanganan dengan baik sehingga bernilai ekonomi bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Tak hanya itu, Pemkab Gowa yang menggandeng  PT Limbung Perkasa dalam pengelolaan sampah ini juga menyebut imgin memperlajari terkait kerjasama yang dilakukan Kota Denpasar dengan pihak ketiga, agar nantinya bisa diaplikasikan di Kabupaten Gowa.

“Kita juga ingin mengetahui sejauh mana kerjasama antara Pemkot Denpasar dengan pihak ketiga dalam mengelola sampah. Di Kabupaten Gowa nanti akan kita lakukan aplikasi dengan menggaet PT Limbung Perkasa sebagai pihak ketiga yang akan membantu melalui mesin yang ada,” jelasnya.

Olehnya dirinya berharap melalui kunjungan studi tiru ini, pengelolaan sampah di Kabupaten Gowa bisa lebih baik lagi khususnya dalam proses daur ulang yang akan berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Pada kunjungan ini Bupati Gowa turut didampingi beberapa pinpinan SKPD terkait seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perkimtan, Kepala Bapenda, Kepala Dinas PUPR, Kepala BPKD, Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendidikan, Dirut PDAM Gowa, Kabag Kerjasama dan lainnya.

  • Putri

Comment