Bupati Gowa Diusul Terima Satyalancana Wira Karya Bidang Bangga Kencana

BERITA.NEWS, Gowa – Tim Sekretariat Militer (Setmil) Presiden Republik Indonesia, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI melakukan peninjauan lapangan terhadap Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting di Kabupaten Gowa, Selasa (20/6/2023) kemarin.

Ketua Tim Sekretariat Militer (Setmil) Presiden Gian Martika Kuswandi mengatakan, verifikasi dan peninjauan lapangan dalam rangka pengusulan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan untuk mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya Bidang Bangga Kencana dari Presiden RI.

“Hari ini kami sudah melakukan verifikasi dan peninjauan lapangan untuk memvalidasi atau membuktikan apakah yang diusulkan program-program dan inovasi dari Bapak Bupati Gowa ini sesuai atau tidak dengan apa yang dituangkan di dalam buku melalui Kepala BKKBN yang diusulkan kepada Bapak Presiden RI,” ujarnya.

Dalam verifikasi lapangan ini, Gian Martika Kuswandi bersama rombongan mengunjungi Puskesmas Pallangga, Kampung KB Desa Lempangan di Kecamatan Bajeng serta, mendengarkan pemaparan inovasi penanganan stunting di Kabupaten Gowa dari Bupati Gowa dan inovator.

“Hasilnya peninjauan kami tadi cukup memuaskan, programnya ada, semua berjalan dengan baik dan mudah-mudahan nanti hasil verifikasi ini kami bawa ke Jakarta kepada Ketua Dewan, Bapak Mahfud untuk disidangkan. Kami harap mudah-mudahan membuahkan hasil untuk Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, di 2023 ini ada 37 wilayah di Indonesia yang diusulkan untuk mendapatkan Satyalancana Wirakarya Bidang Bangga Kencana dari Presiden RI oleh BKKBN. Sementara Kabupaten Gowa masuk menjadi salah satu di antaranya.

“Dari BKKBN untuk tahun ini usulan sebanyak 37 wilayah sedangkan untuk di Sulawesi Selatan ada tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Gowa, Bantaeng dan Luwu Utara,” tambahnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam pemaparannya menjelaskan sejumlah upaya Pemkab Gowa dalam Program Bangga Kencana dan penurunan angka stunting. Salah satunya melalui pembentukan Kampung KB pada 2016 hingga saat ini dan sudah ada di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa.

“Ini sesuai dengan Instruksi Presiden No.3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

  • Putri

Comment