Warga Rappokalling Curhat Masalah Banjir ke Sahruddin Said

BERITA.NEWS,MAKASSAR– Anggota DPRD Kota Makassar, Sahruddin Said menggelar reses kedua tahun sidang 2022-2023. Kegiatan ini berlangsung di Jalan Daeng Tantu 1 Lorong 4, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Rabu (12/4/2023).

Sahruddin Said sendiri merupakan perwakilan dari daerah pemilihan (Dapil) 2 Kota Makassar meliputi Kecamatan Wajo, Bontoala, Tallo, Ujung Tanah, dan Kepulauan Sangkarrang.

Legislator dari Fraksi PAN ini banyak mendengarkan keluhan dari warga terkait banjir. Salah satunya dari Aulia Arfinah.

“Terus ini pak, di sini sering sekali banjir pak kasihan orang tua saya membersihkan terus ketika ada banjir,” ucap Aulia.

Menanggapi curhatan warga tersebut, Sahruddin Said yang akrab disapa Ajid ini mengaku jika banjir menjadi masalah di Makassar tiap tahunnya. Bahkan pada bulan Februari lalu menjadi yang terparah.

“Bahkan di rumah saya yang dulunya tidak pernah kena banjir kemarin itu banjir sampai di betis. Jadi memang ini menjadi persoalan,” ujarnya.

Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Makassar ini menyebut penyebab banjir saat ini adalah pembangunan yang semrawut. Banyak gedung yang dibangun di atas saluran air.

“Misalkan dia bangun ruko dan tutup saluran drainase. Maka dari itu air yang akan lewat situ yang masuk ke lubang besar nanti akan tersendat. Itu yang menjadi banjir,” tambahnya

Salah satunya solusi saat ini, kata Ajid adalah, mengeruk sedimen yang ada pada drainase. Ia pun mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota untuk pekerjaan tersebut.

“Sebenarnya yang paling penting adalah kesadaran kita masing-masing. Jadi misalkan kita bisa menggali sedimen tersebut dengan bekerjasama dengan Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan kecamatan,” ujarnya.

Terakhir, Ajid mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, kebiasaan itu justru memperparah banjir ketika dibuang di drainase.

“Jangan dibiasakan. Saya pun begitu, ketika saya punya sampah, saya tidak buang di jalan. Sebab saya tahu bahayanya,” tutup Ajid.

Adapun Lurah Rappokalling, Salma berterima kasih kepada Sahruddin Said yang terus memperhatikan wilayahnya. Sekaligus mau menyerap aspirasi warga.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak Sahruddin Said. Bagi warga kalau ada yang mau disampaikan silahkan karena ini kesempatan,” kata Salma. (*)

Comment