Gubernur Sulsel Ingatkan Masyarakat Sadar Tanda Batas Lahan

BERITA.NEWS,Makassar– Gubernur Sulsel mengingatkan masyarakat sadar penting memperhatikan tanda batas lahan dan tanah miliknya.

Sesuai Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) di Kantor Kelurahan Bontorannu, Kec. Mariso, Jumat 3 Februari 2022 lalu.

GEMAPATAS merupakan salah satu cara percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) serentak di seluruh Indonesia.

Mengusung tema Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok, Gubernur Sulsel mengajak masyarakat untuk memasang patok batas di tanah milik masing-masing.

“Patok batas tanah ini penting, agar setiap pemilik lahan atau tanah memiliki kesadaran dalam menjaga batas-batas tanahnya.

Baca Juga :  Iriana Jokowi Kagum dan Beli Produk Unggulan Dekranasda Andalan

Secara langsung bersepakat dengan tetangga mengenai batas tanah masing-masing,” ujar Gubernur Andi Sudirman.

Menurutnya, tanda batas ini dapat memberikan informasi ke masyarakat bahwa tanah tersebut dikuasai secara fisik dan memberikan kepastian hak miliki.

“Yang paling penting ada surat yang menegaskan bahwa di sinilah batasnya tanahnya ini, ada kepemilikan dan sah untuk di miliki.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Bakal Tangani 4 Jalan Provinsi di Wajo

Sehingga permasalahan sengketa batas yang selalu terjadi dan konflik terhadap masyarakat itu dapat teratasi,” ujarnya.

Gubernur Sulsel juga mengapresiasi kepada Badan Pertahanan Nasional (BPN) yang hadir menyelesaikan satu persatu sengketa batas dan konflik kepemilikan lahan atau tanah.