Gubernur Minta Inspektorat se-Sulsel Perkuat Pengawasan

BERITA.NEWS,Makassar– Gubernur Andi Sudirman Sulaiman meminta seluruh Inspektorat se-Sulsel lebih memperkuat koordinasi dan pengawasan.

Hal ini, ia tegaskan saat Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2022 di Hotel Claro Makassar, Rabu (14/12/2022).

Rakorwasda ini hadir para Bupati dan Wali Kota se-Sulsel, kepala OPD dan unit kerja Pemprov Sulsel,

inspektur kabupaten/kota, serta para pejabat struktural dan fungsional Inspektorat Daerah Sulsel.

Andi Sudirman Sulaiman berharap Rakorwasda ini mampu meningkatkan koordinasi, kapasitas dan pengawasan intern dalam pemerintahan.

“Jadi kedepannya antara bupati/wali kota dan inspektur serta pejabat terkait dapat menjalin

koordinasi dengan baik, sehingga fungsi pengawasan jauh lebih maksimal,”katanya.

Menurutnya, dalam Rakorwasda inilah peran dari inspektorat dapat memberikan pencerahan tentang sistem perbendaharaan dan alur-alurnya.

“Saya sangat berterimakasih kepada Inspektur Jenderal Kemendagri, Bapak Tomsi Tohir Balaw karena bersedia memberikan arahannya hari ini.

Semoga kita bisa sama-sama bersinergi, sehingga semuanya jauh lebih baik kedepannya,” kata Gubernur Andi Sudirman.

Inspektur Jenderal Kementrian Dalam Negeri, Tomsi Tohir Balaw melalui sambutannya mengungkapkan pihaknya ingin mengembalikan posisi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Sikap ini agar APIP melakukan pengawasan untuk standarisasi kegiatan pembangunan sehingga penyampaian bisa sampai ke pusat.

“Tahun depan, kita akan meningkatkan peran dari APIP ini, agar kita bisa memiliki komunikasi yang baik dengan kepala daerah sehingga kita harus

memilih APIP yang berintegritas, baik, berani dan punya kemampuan,” lanjutnya.

Turut hadir Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, Kasatgas Korsup Wilayah IV.2 KPK RI, Harun Hidayat, jajaran Forkopimda Sulsel, serta Bupati/Wali Kota se-Sulsel.

Comment