Dosen FIKOM UMI Kenalkan Aplikasi AR ke Siswa SD Toraja

BERITA.NEWS,Toraja– Dosen Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) perkenalkan aplikasi Augmented Reality (AR) kepada siswa Sekolah Dasar (SD).

Aplikasi ini merupakan teknologi yang dapat menggambarkan dunia maya objek 3D yang menyatu dengan dunia nyata. Hal ini dapat membuat daya tarik belajar para siswa.

Selain itu, AR juga melibatkan indera penglihatan (visual), pendengaran (audio), sentuhan bahkan penciuman sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran agar lebih menarik.

Pengenalan teknologi ini bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bersama sejumlah FIKOM UMI melakukan sosialiasi dan pelatihan pada 10 – 11 November lalu.

Sosialisasi dan pelatihan ini di SD Inpres Marinding, Toraja untuk implementasi Aplikasi Augmented Reality khususnya pengenalan Flora di Indonesia.

Kegiatan PkM yang di danai Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) UMI, ketuai oleh Fitriyani Umar, beranggotakan Herdianti, dan Wistiani Astuti.

“Tujuan utama mengadakan kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan referensi tentang penggunaan teknologi

Augmented reality yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya tentang flora di Indonesia,” kata Fitriyani.

Ia menjelaskan, sosialiasi dan pelatihan ini di ikuti langsung, oleh guru dan siswa SD Inpres Marinding Aplikasi AR Pengenalan Flora yang di demokan menarik perhatian.

Fitriyani berharap, aplikasi dan modul ini sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik minat belajar dan merangsang kreatifitas siswa.

Sementara itu, kepala Desa Marinding saat membuka rangkaian kegiatan pengabdian dosen FIKOM UMI, berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan, karena sangat bermanfaat.

“Semoga kegiatan pengabdian dosen FIKOM UMI di Mengkendek Toraja terus berlanjut agar wawasan ilmu dan

Teknologi masyarakat sekitar khususnya teknologi informasi semakin berkembang,” katanya.