Dosen Muda UNIKA Luncurkan Buku Human Behavior

Abdurahman Basalamah Penulis Buku, Dosen muda di Universitas Tomakaka Mamuju (UNIKA) (BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS,Makassar- Dosen Muda Universita Tomakaka (UNIKA) Abdurahman Basalamah meluncurkan buku menarik, mengupas teori dasar perilaku manusia ‘Human Behavior’.

Abdurahman mengatakan Human behavior penting sebagai elemen dasar bagi manusia dalam bermasyarakat, lebih khusus lagi untuk melakukan pendekatan sains.

“Paling penting adalah data (pengamatan empiris) dan teori (pengorganisasian konsep yang memungkinkan prediksi data). Sains ini membutuhkan dan menggunakan data dan teori,” ucapnya.

Pria kelahiran 1995 yang saat ini menjalani tahap disertasi di pasca Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengatakan dalam konteks manajemen garis besar penelitian tentang perilaku manusia menunjukkan bahwa mereka dapat saling terkait dengan cara yang kompleks.

BACA JUGA: FMI 2021, Dua Dosen Muda UNIKA Raih Penghargaan The Best Paper Award

“Buku ini mencakup dua bagian utama. Lima bab pertama merupakan Bagian Satu, Dasar-dasar teori yang membahas beberapa pendahuluan perilaku manusia dasar yang di butuhkan mahasiswa.

Dalam sepuluh bab yang tersisa, yang merupakan Bagian Dua, Prinsip dan Praktik yang menyempurnakan metode yang

disediakan di Bagian Satu dengan mengilustrasikan topik kerangka dalam konteks masalah yang sebenarnya,” jelasnya.

Penulis yang juga aktif sebagai editor di berbagai jurnal di Indonesia ini mengatakan dalam bukunya ini, ia memberikan landasan bahwa “Tidak ada pengalaman tanpa peristiwa”

Perilaku Manusia selalu menjadi penerima pasif dari kendala lingkungan atas perilaku mereka, sebaliknya mereka dapat dengan sengaja dan langsung mengubah keadaannya saat ini.

“Buku ini juga memberikan Perspektif Modal sosial bagi masyarakat dan bukan merupakan seperti modal perusahaan (seperti investasi fisik) atau oleh manajer (misalnya. modal manusia atau pendidikan), tetapi ‘milik’ masyarakat setempat.

Yang hanya dapat di akses oleh anggota masyarakat dengan mengikuti nilai dan norma lokal yang berlaku. Dengan demikian,

modal sosial masyarakat sering kali di anggap sebagai norma sosial dan kooperatif yang membuat orang-orang dalam suatu masyarakat

lebih berkewajiban untuk berperilaku etis dan bermoral” jelasnya.

Comment